5 Artis Ini Hobi Koleksi Barang Antik dan Kuno, Ada Randy Martin hingga Ahmad Dhani

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:01 WIB
loading...
5 Artis Ini Hobi Koleksi Barang Antik dan Kuno, Ada Randy Martin hingga Ahmad Dhani
Beberapa artis Indonesia diketahui gemar mengumpulkan barang antik dan kuno, salah satunya Randy Martin. Foto/Instagram Randy Martin
A A A
JAKARTA - Beberapa artis Indonesia diketahui gemar mengumpulkan barang antik dan kuno . Barang tersebut mereka koleksi dan bahkan terkadang ada yang masih dipakai dalam situasi tertentu. Apa saja barang antik yang dikoleksi para public figure itu?

Barang-barang yang ada di kehidupan manusia akan mengalami perubahan seiring perkembangan zaman. Benda yang sudah tidak efisien untuk digunakan di masa sekarang, bakal digantikan dengan barang yang lebih baru dan canggih.

Namun, hal tersebut tak lantas menjadikan barang-barang lama dibuang begitu saja. Benda yang antik dan kuno bisa beralih fungsi menjadi pajangan di rumah ataupun museum.



Dilansir dari Himapedia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada (FIB UGM), kata antik berasal dari bahasa latin yaitu antiquus yang berarti tua atau kuno. Barang antik dianggap memiliki nilai seni dan sejarah tersendiri. Istilah barang antik ditujukan untuk semua benda yang sudah tua dan mewakili era atau periode waktu tertentu di masa lalu.

Barang antik juga menggugah minat orang-orang untuk mengumpulkannya. Para pengumpul atau biasa disebut kolektor, memiliki hobi mengoleksi barang antik untuk memenuhi kebutuhan tersier mereka. Kolektor biasanya mengoleksi barang antik sebanyak satu jenis saja, namun berasal dari berbagai periode waktu. Barang antik tersebut bisa berupa koin, keramik, uang kertas, perangko, hingga mobil dan motor. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bila kolektor mengoleksi barang antik dalam berbagai jenis.

Menjadi seorang kolektor barang antik tentu membutuhkan sebuah ketelatenan ekstra agar barang tersebut tidak cepat rusak. Semakin bagus dan terawat suatu barang antik, maka nilai barang itu pun akan semakin tinggi ketika dijual. Kolektor barang antik perlu usaha yang banyak pula, baik dari segi materi maupun kesabaran. Karena menemukan barang antik bukanlah hal yang mudah.

Hobi mengoleksi barang antik inilah yang dimiliki pula oleh para artis dan selebriti Tanah Air. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima artis yang mengoleksi barang antik.



1. Ahmad Dhani
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)