5 Artis Ini Hobi Koleksi Barang Antik dan Kuno, Ada Randy Martin hingga Ahmad Dhani

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:01 WIB
loading...
5 Artis Ini Hobi Koleksi Barang Antik dan Kuno, Ada Randy Martin hingga Ahmad Dhani
Beberapa artis Indonesia diketahui gemar mengumpulkan barang antik dan kuno, salah satunya Randy Martin. Foto/Instagram Randy Martin
A A A
JAKARTA - Beberapa artis Indonesia diketahui gemar mengumpulkan barang antik dan kuno . Barang tersebut mereka koleksi dan bahkan terkadang ada yang masih dipakai dalam situasi tertentu. Apa saja barang antik yang dikoleksi para public figure itu?

Barang-barang yang ada di kehidupan manusia akan mengalami perubahan seiring perkembangan zaman. Benda yang sudah tidak efisien untuk digunakan di masa sekarang, bakal digantikan dengan barang yang lebih baru dan canggih.

Namun, hal tersebut tak lantas menjadikan barang-barang lama dibuang begitu saja. Benda yang antik dan kuno bisa beralih fungsi menjadi pajangan di rumah ataupun museum.



Dilansir dari Himapedia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada (FIB UGM), kata antik berasal dari bahasa latin yaitu antiquus yang berarti tua atau kuno. Barang antik dianggap memiliki nilai seni dan sejarah tersendiri. Istilah barang antik ditujukan untuk semua benda yang sudah tua dan mewakili era atau periode waktu tertentu di masa lalu.

Barang antik juga menggugah minat orang-orang untuk mengumpulkannya. Para pengumpul atau biasa disebut kolektor, memiliki hobi mengoleksi barang antik untuk memenuhi kebutuhan tersier mereka. Kolektor biasanya mengoleksi barang antik sebanyak satu jenis saja, namun berasal dari berbagai periode waktu. Barang antik tersebut bisa berupa koin, keramik, uang kertas, perangko, hingga mobil dan motor. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bila kolektor mengoleksi barang antik dalam berbagai jenis.

Menjadi seorang kolektor barang antik tentu membutuhkan sebuah ketelatenan ekstra agar barang tersebut tidak cepat rusak. Semakin bagus dan terawat suatu barang antik, maka nilai barang itu pun akan semakin tinggi ketika dijual. Kolektor barang antik perlu usaha yang banyak pula, baik dari segi materi maupun kesabaran. Karena menemukan barang antik bukanlah hal yang mudah.

Hobi mengoleksi barang antik inilah yang dimiliki pula oleh para artis dan selebriti Tanah Air. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima artis yang mengoleksi barang antik.



1. Ahmad Dhani

5 Artis Ini Hobi Koleksi Barang Antik dan Kuno, Ada Randy Martin hingga Ahmad Dhani


Rumah Ahmad Dhani dipenuhi oleh barang antik unik dengan harga yang terbilang fantastis. Melalui kanal YouTube Atta Halilintar, Ahmad Dhani pernah memperlihatkan koleksi barang antiknya.

Barang antik koleksi Ahmad Dhani itu terdiri dari barang antik Jawa, zaman kolonial, dan peranakan Tionghoa seperti meja kayu klasik, foto Bung Karno, foto Pakubuwono X, foto kota Mekkah tahun 1800-an, lukisan litografi, ukiran tulisan Tionghoa, dan kursi antik Jawa. Selain itu, Ahmad Dhani juga mengoleksi alat musik, topeng, furnitur dari jati, hingga kostum perang.

Rumah Ahmad Dhani ini sudah terlihat seperti museum barang antik. Ia memiliki ruangan khusus untuk menyimpan benda-benda antik tersebut. Ruangan itu didesain dengan pencahayaan yang minim sehingga terlihat jadul atau tradisional.

2. Irfan Hakim

5 Artis Ini Hobi Koleksi Barang Antik dan Kuno, Ada Randy Martin hingga Ahmad Dhani


Irfan Hakim memiliki rumah dengan konsep modern dan tradisional, dengan desain bangunan seperti rumah joglo khas Jawa. Selain bangunannya yang unik, Irfan juga menghias rumah ini dengan koleksi barang antik seperti pajangan antik berupa radio dan pemutar vinyl klasik.

Koleksi barang antik Irfan Hakim lainnya yang juga menghiasi rumah tersebut adalah lukisan-lukisan kuno. Lukisan ini menambah kental kesan adat Jawa. Irfan Hakim mengoleksi pula barang-barang jadul berbahan kayu dengan beberapa lampu hias yang antik. Ia diketahui suka mengoleksi barang antik yang memiliki banyak nilai guna.

3. Randy Martin

5 Artis Ini Hobi Koleksi Barang Antik dan Kuno, Ada Randy Martin hingga Ahmad Dhani


Artis selanjutnya yang suka mengoleksi barang antik adalah Randy Martin. Artis muda ini memiliki hobi mengumpulkan barang antik berupa radio hingga koper antik.

Kebiasaan mengoleksi ini ditularkan dari sang kakek, yang juga memberikan beberapa koleksi barang antiknya kepada Randy. Sang kakek memberikan Randy jam yang sudah berusia 120 tahun. Tidak hanya itu, Randy juga menyimpan mainan masa kecilnya, mengoleksi kwitansi lama, dan koin gulden dari masa VOC.



4. Dian Sastrowardoyo

5 Artis Ini Hobi Koleksi Barang Antik dan Kuno, Ada Randy Martin hingga Ahmad Dhani


Dian Sastrowardoyo juga memiliki hobi mengumpulkan barang antik. Dian senang mengoleksi perhiasan antik yang memiliki nilai sejarah dari tanah Jawa. Menurut Dian, perhiasan ini tidak hanya mengandung nilai seni, tetapi juga memiliki nilai sejarah yang tidak didapatkan dengan mudah.

Saat menikah dengan Maulana Indraguna Sutowo, Dian menggunakan salah satu koleksinya yaitu suweng atau anting yang merupakan warisan berharga dari sang eyang. Selain itu, Dia juga mengoleksi dekorasi lukisan dan piring antik sehingga rumahnya terlihat mewah bernuansa klasik.

5. Kriss Hatta

5 Artis Ini Hobi Koleksi Barang Antik dan Kuno, Ada Randy Martin hingga Ahmad Dhani


Kriss Hatta juga menjadi salah satu artis yang gemar mengoleksi barang antik. Barang-barang yang dikoleksi Kriss Hatta berupa kamera antik, laser disc, hingga alat komunikasi jadul. Di rumahnya ada area khusus untuk menyimpan barang-barang tersebut. Barang antik lain yang dikoleksi oleh Kriss Hatta adalah mesin pres buku, alat gilingan kopi, mesin jahit, gromofon, radio, TV, gembok penjara antik, dan lain sebagainya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2857 seconds (0.1#10.140)