Ardhito Pramono Rilis Lagu Wijayakusuma, Karya Baru usai Rehabilitasi Narkoba

Jum'at, 08 Juli 2022 - 09:54 WIB
loading...
Ardhito Pramono Rilis Lagu Wijayakusuma, Karya Baru usai Rehabilitasi Narkoba
Ardhito Pramono merilis lagu berjudul Wijayakusuma. Lagu tersebut merupakan karya terbaru Ardhito setelah rehabilitasi narkoba beberapa waktu lalu. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Ardhito Pramono merilis lagu berjudul Wijayakusuma. Lagu tersebut merupakan karya terbaru Ardhito setelah rehabilitasi narkoba beberapa waktu lalu.

Wijayakusuma sudah mulai diciptakan sejak awal 2021 lalu. Mulanya, Ardhito berniat menyelipkan kritikan atas penggusuran kawasan asri di Canggu dalam lagu indah. Sampai akhirnya, Narpati 'Oomleo' Awangga memberikan kritikan soal karya Ardhito.

Bagi Oomleo, karya bintang film Story of Kale ini masih minim sentuhan Indonesia. Alhasil, lagu Wijayakusuma pun lahir sebagai pop Indonesia soal eksistensi diri.

"Banyak kecemasan gue akan ‘guna gue apa, ya? Gue musisi, main film, penyiar juga. Terus apa?’ Malah jadi mempertanyakan fungsi diri gue. Gue cerita banyak ke Oomleo, untuk itu akhirnya gue sertakan dalam lirik,” kata Ardhito dikutip dari siaran resmi, Jumat (7/7/2022).

Baca Juga: Ardhito Pramono Izin Kembali Berkarya usai Jalani Rehabilitasi Narkoba

Seiring berjalannya waktu, liriknya semakin berkembang. Ardhito rupanya mengaitkan makna hidup dengan alam semesta yang digambarkan oleh kekayaan alam serta budaya Indonesia.

Selain proses penciptaan yang tak hanya melalui satu tahap saja, Adhito mengaku sempat menemui kesulitan. Bahkan, Ardhito rela ratusan kali mengulang proses rekaman.

“Ditake pertama, Oomleo merasa gue tidak nyaman dan terengah-engah. Jadi yang sudah dalam versi lagunya, itu setelah melalui take ke-100 sekian," jelas Ardhito.

Metode satu kali rekam dipilih oleh Ardhito, demi esensi olah vokal maksimal dalam situasi terbatas. Menurut sang musisi, dia memang ingin tahu rasanya menjalani proses rekaman di zaman dulu.

Baca Juga: Kasus Narkoba Ardhito Pramono Resmi Dihentikan, Ini Alasannya

“Meski sudah banyak teknologi yang mendukung, metode yang gue gunakan masih bersemangat lawas," ujar Ardhito.

Sementara itu, Ardhito rencananya juga akan merilis album terbaru pada pertengahan Juli. Tak jauh berbeda dengan Wijayakusuma, album baru Ardhito akan diwarnai pop lawas Indonesia.
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2013 seconds (11.252#12.26)