6 Penyebab Pembengkakan Jantung Seperti Diidap Dicky Topan, Nomor 3 Paling Sering Dialami

Jum'at, 08 Juli 2022 - 15:53 WIB
loading...
6 Penyebab Pembengkakan Jantung Seperti Diidap Dicky Topan, Nomor 3 Paling Sering Dialami
Penyebab pembengkakan jantung seperti dialami Dicky Topan dapat disebabkan kerusakan otot jantung atau kondisi apa pun yang membuat jantung memompa lebih keras. Foto/Instagram Dicky Topan
A A A
JAKARTA - Penyebab pembengkakan jantung seperti dialami Dicky Topan dapat disebabkan oleh kerusakan otot jantung atau kondisi apa pun yang membuat jantung memompa lebih keras dari biasanya, termasuk kehamilan.

Terkadang jantung menjadi lebih besar dan menjadi lemah karena alasan yang tidak diketahui. Kondisi ini disebut kardiomiopati idiopatik. Namun, pembengkakan jantung bukan penyakit, melainkan tanda dari kondisi lain.

Kondisi yang juga dikenal sebagai kardiomegali ini mengacu pada pembesaran jantung yang terlihat pada tes pencitraan apa pun, termasuk rontgen dada. Tes lain kemudian diperlukan untuk mendiagnosis kondisi yang menyebabkan pembesaran jantung.

Kerusakan jantung dan beberapa jenis penyakit jantung dapat menyebabkan pembesaran jantung. Terkadang stres jangka pendek pada tubuh, seperti kehamilan, dapat menyebabkan jantung menjadi lebih besar.


Tergantung pada kondisinya, jantung yang membesar mungkin bersifat sementara atau permanen. Sebelumnya, ibunda Dicky, Lusi Yanti mengungkapkan bahwa putranya meninggal di Rumah Sakit Mintoharjo, Jakarta pada Kamis, 7 Juli 2022 pukul 21.00 WIB setelah mengalami masalah pada jantungnya.

"Umur 25 baru keliatan jantungnya bengkak. Udah enam kali ini masuk rumah sakit,” kata Lusi dikutip dari Instagram @merekamjakarta, Jumat (8/7/2022).

Berikut lima penyebab pembengkakan jantung seperti yang diidap Dicky Topan dilansir dari Mayo Clinic.

1. Cacat Jantung Bawaan

Masalah pada struktur dan fungsi jantung dapat menyebabkan otot jantung menjadi lebih besar dan lemah.

2. Kardiomiopati
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)