Tips Olah Daging Kambing Kurban agar Tidak Bau Prengus dan Alot

Sabtu, 09 Juli 2022 - 09:07 WIB
loading...
Tips Olah Daging Kambing Kurban agar Tidak Bau Prengus dan Alot
Banyak yang kesulitan memasak daging kambing karena bau prengus yang sering tercium. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Hari ini, Sabtu (9/7/2022), umat Islam di dunia serentak merayakan Idul Adha . Di Indonesia sendiri, perayaan Idul Adha identik dengan membuat hidangan sate dari daging kurban. Salah satu yang menjadi favorit sate kambing.

Namun, banyak yang kesulitan memasak daging kambing karena bau prengus yang sering tercium. Jangan khawatir, karena ada cara membuat sate kambing yang empuk dan tidak bau prengus, seperti yang dirangkum berikut ini dari berbagai sumber.

Hindari Mencuci Daging

Jika pada daging lain harus dicuci dahulu sebelum mengolahnya, ini tidak terjadi pada daging kambing. Justru daging kambing tak perlu dicuci, karena tekstur daging akan jadi lebih alot dan aroma tak sedapnya akan semakin merebak. Sebaiknya langsung saja rebus daging dalam keadaan tidak dicuci. Buang air rebusan daging, lalu olah daging seperti biasa.

Baca juga: Resep Rawon Daging Jawa Timur untuk Idul Adha ala Chef Devina Hermawan

Buang Lemak/Gajih

Saat akan melakukan proses memasak, pastikan lemak atau gajih diiris dan dibuang terlebih dahulu, sebab sebagian besar bau yang menyengat dari daging kambing berasal dari lemak tersebut.

Taburi Garam/Jeruk Nipis

Agar menetralisir aroma amis yang ditimbulkan dari daging sebaiknya beri sedikit garam di seluruh daging. Selain itu, lumuri daging dengan menggunakan jeruk nipis juga dapat menghilangkan aroma tak sedap dan membuat daging jadi lebih empuk, serta membunuh bakteri dan kuman.

Bungkus dengan Daun Pepaya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)