Asal Bersih, Jamur Enoki Aman Diolah Jadi Aneka Makanan Ini

Jum'at, 26 Juni 2020 - 14:36 WIB
loading...
Asal Bersih, Jamur Enoki Aman Diolah Jadi Aneka Makanan Ini
Jamur enoki banyak digunakan dalam masakan Asia Timur seperti sup, olahan mi, tumisan, dan salad. Foto/Pinterest
A A A
JAKARTA - Jamur enoki banyak digunakan dalam masakan Asia Timur seperti sup, olahan mi, tumisan, dan salad. Jamur ini bisa dimakan mentah atau dimasak, tapi harus dibersihkan sebelum digunakan.

Mengutip laman Onegreenplanet, untuk membersihkan jamur enoki, kita perlu mengambil batang yang berlendir dan berubah warna, lalu cuci di bawah air dingin. Setelah itu, potong batang kayu pada bagian akhir.

Salah satu cara termudah untuk mengolah jamur enoki adalah dengan membuat nametake atau jamur enoki yang direbus dalam kecap, mirin, dan anggur yang dimasak dengan nasi. Makanan ini menawarkan cita rasa yang seimbang antara asin, manis, dan umami. ( )

Rasa jamur akan semakin bertambah jika disimpan dalam toples kedap udara selama dua minggu. Nametake merupakan lauk yang sangat populer di Jepang. Meskipun kita bisa menemukannya di toko (seperti acar), tidak ada yang rasanya seenak buatan sendiri. Sajikan nametake di piring sendiri atau tambahkan ke nasi, pasta, dan sup.

Jamur enoki juga enak diolah menjadi hidangan kinoko gohan atau nasi dengan sayuran. Kukus nasi seperti biasanya, tambahkan mirin, sake, kecap asin, dan garam. Setelah nasi matang, beri bawang bombai dan nametake hijau atau gunakan tumisan jamur enoki. Cukup masak jamur dengan sedikit garam dan minyak atau gunakan air sampai empuk.

Anda juga bisa menyantap hidangan lengkap dengan nametake, tofu steak, sayuran teppanyaki, dan paprika shishito dengan nasi putih serta miso soup di sampingnya. Jamur enoki adalah tambahan yang tepat untuk jenis sup apapun, terutama sup mi.

Cobalah jamur enoki dengan kitsune udon, miso ramen bowl, somen, atau pho asparagus grilled. Dari semua jenis olahan mi, dikatakan bahwa rasa jamur enoki paling cocok dengan rasa mi soba. Jadi cobalah masak jamur enoki dengan mi soba teh hijau, wortel, dan mi soba plus sayuran laut. ( )

Di sisi lain, jamur enoki dapat pula ditambahkan ke dalam resep tumis favorit atau tambahkan ke sayuran udon tumis goreng. Sedangkan jamur enoki mentah sangat enak ketika diolah menjadi salad seperti salad bihun Vietnam, salad rumput laut Tiongkok, salad jamur kale dan enoki, atau salad apapun.

Alternatif hidangan jamur enoki lain adalah sukiyaki, pancake jamur enoki, sup telur pedas tahu kimchi pedas, jamur enoki yang dibungkus bacon, sup tahu Korea , enoki somen, hingga mi ramen daging sapi pedas chashu.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1970 seconds (0.1#10.140)