5 Film tentang Haji, Bikin Pengin Pergi ke Tanah Suci

Minggu, 10 Juli 2022 - 05:30 WIB
loading...
5 Film tentang Haji, Bikin Pengin Pergi ke Tanah Suci
Banyak film mengangkat tentang haji. Film ini tak hanya menghibur dan menginspirasi tapi juga membuat siapa saja yang menontonnya ingin pergi ke Tanah Suci. Foto/Imdb
A A A
JAKARTA - Banyak film mengangkat tentang haji . Film ini tak hanya menghibur dan menginspirasi tapi juga membuat siapa saja yang menontonnya ingin pergi ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji .

Melalui film ini, Anda juga bisa belajar dan merenungi makna ibadah haji. Film ini bisa menjadi pilihan tontonan menarik untuk menyambut Hari Raya Idul Adha bersama keluarga tercinta.

Tertarik untuk menontonnya? Berikut daftar film tentang haji dilansir dari Imdb, Minggu (10/7/2022).


1. Emak Ingin Naik Haji (2009)

5 Film tentang Haji, Bikin Pengin Pergi ke Tanah Suci

Foto/Imdb

Emak Ingin Naik Haji bercerita tentang tokoh Emak, seorang wanita berusia lanjut yang sabar, tulus, dan penuh kebaikan hati. Seperti umat Islam lainnya, sangat ingin menunaikan ibadah haji. Sayangnya, Emak tidak memiliki biaya untuk mewujudkan keinginannya. Kehidupan Emak sehari-hari hanya bergantung pada hasil jualan kue.

Ada juga sedikit tambahan uang dari Zein, anaknya yang duda, penjual lukisan keliling. Walaupun Emak tahu bahwa pergi haji adalah salah satu hal yang mungkin sulit diraih, Emak tidak putus asa, dia tetap mengumpulkan uang untuk disetorkan ke tabungan haji di bank. Zein, yang melihat kegigihan Emak, berusaha dengan berbagai cara untuk dapat mewujudkan keinginan Emak.

Tapi, keterbatasannya sebagai penjual lukisan keliling, serta masalah-masalah yang diwarisinya dari perkawinannya yang gagal, menyebabkan Zein hampir-hampir putus asa dan nekat. Sementara, tetangga Emak yang kaya raya sudah beberapa kali menunaikan haji dan umroh. Di tempat lain ada orang berniat menunaikan haji hanya untuk kepentingan politik.

2. Di Bawah Lindungan Ka'bah (2011)

5 Film tentang Haji, Bikin Pengin Pergi ke Tanah Suci

Foto/Imdb

Di Bawah Lindungan Ka'bah menceritakan tentang Hamid dan Zainab berasal dari dua keluarga dengan tingkat sosial yang berbeda. Hamid berasal dari keluarga miskin dan Zainab berasal dari keluarga kaya. Hamid mendapat dukungan dana sekolah dari ayah Zainab dan ibunya bekerja di rumah keluarga Zainab.

Pertemuan demi pertemuan membuat keduanya saling jatuh cinta. Namun karena perbedaan ekonomi dan dibayangi utang budi, ibu Hamid melarang anaknya untuk berharap memiliki Zainab. Mereka berbagi impian yang sama yaitu tiap manusia bebas untuk mencintai dan dicintai. Cobaan demi cobaan pun mendera keduanya.

Mulai dari diusirnya Hamid dari kampung karena dituduh secara tidak sopan menyentuh Zainab hingga akan dijodohkannya Zainab dengan anak seorang saudagar kaya. Sampai akhirnya Hamid dan Zainab merasa harapannya untuk bisa saling memiliki pupus. Namun Hamid dan Zainab tetap setia dengan janji untuk mempertahankan cinta mereka.

Hamid yang terusir dari kampungnya akhirnya berkelana hingga sampai ke Mekkah dan menunaikan ibadah haji seperti yang diimpikannya. Sementara Zainab tetap menjaga setia janjinya untuk menikah hanya dengan orang yang dia cintai. Di Mekkah, Hamid terus beribadah hingga akhirnya meninggal di hadapan Ka'bah setelah mengetahui Zainab meninggal.


3. Haji Backpacker (2014)

5 Film tentang Haji, Bikin Pengin Pergi ke Tanah Suci

Foto/Imdb

Haji Backpacker bercerita tentang perjalanan inspiratif melintasi sembilan negara melalui darat untuk menuju Mekkah. Diceritakan, Mada memberontak kepada Tuhan, karena sudah merenggut ibunya. Dia juga kehilangan cinta yang membuatnya patah hati.

Dia marah pada kenyataan, kemudian memutuskan untuk menjadi backpacker dan hidup bebas. Bahkan dia juga meninggalkan Tuhan, keluarga, dan sahabatnya. Pada dunia luar yang bebas, Mada menemukan kebahagiaan ragawi, tetapi merasa kosong secara rohani.

Di saat yang penuh kerapuhan inilah, tangan Tuhan mengajaknya untuk kembali melalui serangkaian peristiwa. Berkelana dari satu negara ke negara lainnya, menyingkap kesadaran demi kesadaran, Mada sadar ternyata Tuhan sebenarnya mencintai dan selalu menjaganya dengan aturan yang sempurna. Tuhan selalu mendekapnya.

4. Le Grand Voyage (2004)

5 Film tentang Haji, Bikin Pengin Pergi ke Tanah Suci

Foto/Imdb

Le Grand Voyage mengisahkan Reda remaja Prancis-Maroko yang akan mengikuti ujian Baccalaureat. Saat ayahnya yang taat meminta Reda menemaninya pergi ke Makkah, dia terpaksa mematuhinya. Akan tetapi, si ayah memaksa agar mereka berdua pergi dengan mobil.

Ketika keduanya berkendara ribuan kilometer dari Prancis Selatan, hubungan ayah dan anak yang dulunya kaku menjadi cair setelah mengenali satu sama lain. Reda hanya berbicara dalam bahasa Prancis kepada ayahnya, sedangkan sang ayah cenderung memakai bahasa Arab.

Saat diperlukan, sang ayah bertutur dalam bahasa Prancis dengan lancar. Dia sengaja berbicara dalam bahasa Arab kepada anaknya. Sepanjang perjalanan, keduanya bertemu beberapa orang yang unik. Reda belajar tentang Islam dan mengetahui sebab ayahnya lebih memilih pergi haji menggunakan mobil ketimbang pesawat terbang.


5. Journey to Mecca (2009)

5 Film tentang Haji, Bikin Pengin Pergi ke Tanah Suci

Foto/Imdb

Journey to Mecca menceritakan dalam perjalanan ke Mekah, menunggang kuda sendirian, Ibnu Batutah dihadang oleh bandit, dirampok dan hampir dibunuh. Namun, ketika pemimpin bandit menyadari bahwa dia adalah seorang peziarah, merasa malu, dia menawarkan untuk mengawal Ibnu Batutah ke Mesir.

Itu adalah perjalanan yang sulit dengan unta melintasi padang pasir dan mereka dihadapkan dengan badai pasir yang ganas, sebelum naik perahu untuk mengarungi Sungai Nil. Sesampai di Mesir, dia menyerahkan surat yang diberikan oleh seorang teman kepadanya kepada seorang Syekh.

Ibnu Batutah bermaksud untuk melanjutkan perjalanannya ke Mekkah melalui laut, melalui pelabuhan Aydhab di Laut Merah, tetapi perang dan bahaya yang ditimbulkan membuatnya melakukan perjalanan melalui darat lewat Damaskus, bergabung dengan karavan berkekuatan 10.000 orang sesama peziarah, tinggal bersama mereka sampai akhirnya sampai di Mekkah.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2128 seconds (0.1#10.140)