Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi saat Idul Adha, Ini Kata Pakar Unair

Minggu, 10 Juli 2022 - 08:33 WIB
loading...
Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi saat Idul Adha, Ini Kata Pakar Unair
Cara mengatasi kolesterol tinggi saat Hari Raya Idul Adha perlu diketahui terutama bagi yang memiliki rencana menyantap daging kurban. Foto/Ilustrasi/express
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi kolesterol tinggi saat Hari Raya Idul Adha perlu diketahui terutama bagi yang memiliki rencana menyantap daging kurban. Pakar dari Universitas Airlangga (Unair), Lailatul Muniroh, membagikan tips agar kadar kolesterol tidak meninggi.

Menurutnya, konsumsi daging berlemak secara berlebihan selama Idul Adha berpotensi meningkatkan kolesterol darah. “Perlu dilakukan langkah preventif dan beberapa hal agar dapat menurunkan kolesterol setelah Idul Adha,” katanya.

Berikut cara mengatasi kolesterol tinggi saat Idul Adha 2022 sebagaimana dikutip dari laman Unair, Minggu (10/7/2022):

1. Konsumsi Sayuran dan Buah Tinggi Serat

Langkah preventif yang dapat dilakukan adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang tinggi serat seperti strawberry, pisang, pir, apel, jeruk, wortel, dan brokoli. “Serat dapat melarutkan kolesterol jahat,” tuturnya.



Setelah Idul Adha, Lail juga menganjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat. Mengonsumsi lebih banyak sayur dari jenis kacang-kacangan seperti kacang polong dan buncis yang banyak mengandung serat larut, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

“Selain itu mengonsumsi kacang-kacangan yang rendah lemak seperti almond, walnut yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat,” terangnya.

2. Kurangi Konsumsi Makanan Tinggi Lemak

Langkah preventif selanjutnya adalah menghindari makanan lemak tinggi. Pilihlah makanan yang rendah lemak seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, tahu tempe, dan sebagainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1919 seconds (0.1#10.140)