Kandungan Kolesterol pada Daging Kambing Lebih Rendah Dibandingkan Sapi

Senin, 11 Juli 2022 - 17:17 WIB
loading...
Kandungan Kolesterol pada Daging Kambing Lebih Rendah Dibandingkan Sapi
Kandungan kolesterol pada daging kambing ternyata lebih dibandingkan sapi. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Alasannya cukup masuk akal. Kadar kolesterol yang tinggi pada seseorang bisa memunculkan berbagai penyakit, di antaranya jantung dan stroke.

Terlebih belum lama ini sebagian masyarakat baru saja merayakan Idul Adha sehingga mereka turut mengonsumsi daging sapi dan kambing. Dalam hal ini, sebagian orang mungkin cukup penasaran dengan kandungan kolesterol pada daging tersebut, khususnya kambing.

Dikutip dari situs Heathline, daging kambing merupakan sumber nutrisi yang cukup baik. Beberapa kandungan yang ada di dalamnya adalah zat besi, protein, kalium, dan vitamin B12.

Baca Juga: Daging Kambing Lebih Sehat dari Daging Sapi, Yuk Lihat Faktanya!

Selain itu, daging ini juga rendah lemak jenuh jika dibandingkan dengan daging berwarna merah lain. Sebagai sumber protein, daging kambing penting untuk pertumbuhan serta perbaikan jaringan otot.

Lantas, bagaimana kandungan kolesterol pada daging kambing?

Melansir laman Live Strong, Senin (11/7/2022), per 3 ons daging kambing memiliki 122 kalori. Jika dibandingkan dengan daging sapi atau ayam, besaran tersebut lebih kecil. Kemudian, untuk kolesterolnya sendiri, daging kambing memiliki 63,8 miligram kolesterol per 3 ons.

Sebagai perbandingan, daging kambing lebih rendah kolesterol dari daging sapi dengan besaran 73,1 miligram. Selain itu, daging ini juga kaya akan zat besi. Besarannya bahkan mencapai 3,2 miligram per porsi. Mengalahkan daging sapi yang memiliki 2,9 miligram zat besi dan daging ayam sebesar 1,5 miligram.

Baca Juga: Tips Aman Konsumsi Daging Kambing untuk Penderita Hipertensi

Pada asupan protein, daging kambing menyediakan 23 gram protein per porsi. Porsi 3 ons kambing diketahui sudah cukup memenuhi 46 persen dari nilai protein harian kebanyakan orang.

Lebih lanjut, Prairie View A&M University menyebutkan bahwa daging kambing memiliki kadar lemak jenuh dan kolesterol keseluruhan yang lebih rendah dari daging merah lain. Selanjutnya, ditemukan juga kadar natrium yang rendah sehingga bisa menjadi solusi bagi seseorang yang memiliki masalah tekanan darah.

Jadi, dapat dipahami bahwa kandungan kolesterol pada daging kambing lebih rendah daripada jenis daging merah lain. Kambing memiliki kolesterol sekitar 63,8 miligram per 3 ons. Sedangkan daging sapi memiliki 73,1 miligram kolesterol.

Namun, alangkah baik jika Anda tetap mengonsumsinya dalam batas atau takaran yang wajar. Dengan begitu kesehatan tubuh Anda bisa tetap terjaga dan terhindar dari masalah kesehatan yang mungkin timbul, termasuk kolesterol tinggi.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1886 seconds (11.210#12.26)