UMKM Bangkit, Kampung Kuliner Minangkabau Kembali Digelar

Jum'at, 15 Juli 2022 - 20:00 WIB
loading...
UMKM Bangkit, Kampung Kuliner Minangkabau Kembali Digelar
Kampung Kuliner Minangkabau digelar untuk bangkitkan kembali gairah usaha para pelaku UMKM. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah memberikan banyak pelajaran banyak UMKM. Banyak yang masih bertahan, tapi tak sedikit pula yang tumbang.

Arthatama, event organizer yang biasa mengadakan festival kuliner Minangkabau di Jabodetabek, berupaya memberikan wadah untuk para UMKM agar kembali bangkit melalui sebuah festival berisi panggung seni budaya serta kuliner daerah legendaris dan terkenal yaitu Kampung Kuliner Minangkabau.

“UMKM pasti bisa bangkit lagi. Untuk itu, Arthatama berupaya membantu dengan mengadakan event ini. Selain untuk membangkitkan perekonomian UMKM yang ikut dalam festival ini, juga memperkenalkan makanan-makanan Nusantara khususnya khas Minangkabau,” kata Ketua Pelaksana Kampung Kuliner Minangkabau Yeni Rachmawati dalam keterangan resminya, Kamis (14/7/2022).

Ia mengatakan, Arthatama telah mengadakan festival ini di beberapa mall di Jakarta beberapa waktu lalu. “Saat ini Kampung Kuliner Minangkabau seri ke-5 sedang berlangsung di Mall Artha Gading dari 14 hingga 17 Juli 2022,” ujarnya.

Menurut Yeni, antusiasme masyarakat sangat tinggi menyambut festival kuliner apabila dilihat dari kehadiran masyarakat di acara sebelumnya. “Mungkin karena sudah dua tahun lamanya mereka tidak hadir ke acara-acara besar ini karena pandemi, sehingga saat hadir kembali, rasanya menyenangkan,” kata dia.

Arthatama, jelas Yeni, tiap kali membuat acara selalu memperhitungkan secara matang dan terencana terutama pada pemilihan tempat. “Kami memiliki kualifikasi tertentu untuk memilih lokasi terbaik dan strategis. Hal ini supaya masyarakat yang hadir merasa nyaman walaupun berada di keramaian,” papar Yeni.

Selain memperhatikan secara teknis, Arthatama juga menyusun rangkaian acara dengan berbagai kreasi dari daerah Minangkabau agar masyarakat yang hadir selain nyaman, juga merasakan keseruan lain.

“Kami mempersembahkan beberapa pertunjukan seni seperti Tambua Tasa, Tari Pasambahan Minang, Tari Piring, Pawai Budaya Minangkabau, dan Arakan Bajamba. Selain itu, kami juga mengadakan permainan kesenian Irama Minang dengan hadiah menarik serta menghadirkan artis-artis asli Minang,” beber Yeni.

Dalam acara ini, Arthatama memberikan efisiensi untuk masyarakat dari sisi transaksi, yaitu pembayaran dengan sistem Qris BRImo dan diskon hingga 25%. “Hal ini kami tetapkan agar masyarakat lebih mudah melakukan jual-beli, tinggal scan melalui Qris saja,” imbuh Yeni.

Selain dari segi pembayaran, acara festival kuliner Minangkabau ini juga memperhatikan kesehatan lingkungan dengan meminimalisir sampah plastik.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)