Mengenal Operasi Bariatrik, Bedah Turunkan Berat Badan yang Dijalani Melly Goeslaw

Minggu, 17 Juli 2022 - 17:55 WIB
loading...
Mengenal Operasi Bariatrik, Bedah Turunkan Berat Badan yang Dijalani Melly Goeslaw
Penyanyi Melly Goeslaw baru-baru ini mengumumkan soal dirinya baru saja menjalani operasi yang bertujun untuk menurunkan berat badan. Foto/Instagram Melly Goeslaw
A A A
JAKARTA - Penyanyi Melly Goeslaw diketahui melakukan operasi bariatrik. Hal tersebut dia sampaikan melalui akun Instagram pribadinya pada Minggu (17/7/2022).

Melly pun tidak menjelaskan seperti apa bedah bariatrik. Untuk mengenal lebih jauh terkait bedah yang dijalaninya, berikut penjelasannya dirangkum dari berbagai sumber.

Melansir dari Mayoclinic, Bypass lambung dan operasi penurunan berat badan dikenal secara kolektif sebagai operasi bariatrik. Bedah yang melibatkan perubahan pada sistem pencernaan, untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Apa Manfaatnya?

Operasi bariatrik dilakukan ketika diet dan olahraga tidak berhasil atau ketika memiliki masalah kesehatan yang serius karena berat badan. Setelah bedah bariatrik, dikatakan memberikan beberapa manfaat, seperti bisa menurunkan berat badan.

Baca Juga: Jalani Operasi Bariatrik, Melly Goeslaw: Langkah Besar Hidupku yang Sangat Menyenangkan

Tidak didapatkan secara instan , melainkan harus melakukan diet sehat dan rajin berolahraga. "Sementara operasi bariatrik dapat menawarkan banyak manfaat, semua bentuk operasi penurunan berat badan adalah prosedur dapat menimbulkan risiko dan efek samping yang serius. Juga, harus membuat perubahan sehat permanen pada diet dan berolahraga secara teratur, memastikan keberhasilan operasi bariatrik jangka panjang," keterangan Mayoclinic dikutip Minggu (17/7/2022)

Sementara untuk risiko yang timbul bisa saja timbul pascabedah, dijelaskan ada dua yaitu jangka pendek dan panjang. Melansir dari website P2PTM untuk di Indonesia, memang metode bedah bariatrik ini masih sangat jarang dipakai.

Padahal di negara Filipina, bariatric and metabolic surgery sudah diperkenalkan di negara itu 8 tahun yang lalu. Saat ini sudah sangat populer dan banyak memakainya untuk melawan obesitas.

Kemudian dikatakan ahli bedah invasif minimal dan laparoskopik lanjutan di St. Luke's Medical Center, Filipina, Dr. Jonathan D. Adora, M.D menjelaskan bahwa bedah bariatrik pertama kali dilakukan di St. Luke's Medical Center untuk pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) lebih dari 50.
(hri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3068 seconds (10.101#12.26)