Ciri Khas dan Penyebab Tumor Testis seperti yang Dialami Sebastian Haller

Rabu, 20 Juli 2022 - 14:31 WIB
loading...
Ciri Khas dan Penyebab Tumor Testis seperti yang Dialami Sebastian Haller
Tumor testis seperti yang diidap Sebastian Haller, striker baru Borussia Dortmund, merupakan penyakit kelamin pria yang menimbulkan kanker testis. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Tumor testis seperti yang diidap Sebastian Haller , striker baru Borussia Dortmund, merupakan penyakit kelamin pria yang menimbulkan kanker testis. Biasanya penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri pada salah satu testis dan disertai dengan timbulnya benjolan.

Dikutip dari Jurnal berjudul Studi Kasus Tumor Ganas Pada Testis: Komplikasi Kronis Kriptorkismus oleh Mochamad Aleq Sander dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang, tumor testis (seminoma) berasal dari sel germinal atau sel yang memproduksi sperma. Tumor ini memiliki tingkat keganasan yang tinggi namun bila diberi penanganan yang benar penyakit ini dapat disembuhkan.

Baca Juga: Ciri Tumor Usus, Kenali Faktor Penyebab dan Gejalanya

Penyakit ini sebenarnya jarang ditemukan. Meskipun begitu, tumor testis kebanyakan menyerang pria berusia 20 sampai 36 tahun.

Gejala awal yang timbul dari penyakit ini adalah munculnya benjolan pada testis namun tidak terasa nyeri pada awalnya. Namun, ada juga gejala atau tanda lain yang akan muncul.

Ciri khas gejala yang ditimbulkan oleh tumor testis di antaranya sebagai berikut:

- Merasa nyeri di testis atau skrotum (kantung testis).

- Tertimbunnya cairan di skrotum.

- Sakit atau pegal di area perut, pinggang, atau selangkangan.

- Terdapat perbedaan antara kedua sisi kantong skrotum.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1079 seconds (10.55#12.26)