Hobi Tak Hanya Mengurangi Stres, juga Meningkatkan Level Mood

Sabtu, 27 Juni 2020 - 18:18 WIB
loading...
Hobi Tak Hanya Mengurangi Stres, juga Meningkatkan Level Mood
Ada banyak manfaat yang didapat dari memiliki sebuah hobi atau hal yang disukai. Hobi yang dinikmati dipercaya dapat membawa sukacita dan memperkaya hidup. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Ada banyak manfaat yang didapat dari memiliki sebuah hobi atau hal yang disukai. Hobi yang dinikmati dipercaya dapat membawa sukacita dan memperkaya hidup. Hobi juga memberi sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan selama waktu senggang dan memberi kesempatan untuk mempelajari keterampilan baru.

Bahkan, psikolog dari Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani, M. Psi mengatakan bahwa penting seseorang untuk memiliki hobi atau hal yang disukai. Pasalnya, hal ini terbukti mampu

"Untuk kita punya hobi dan lakukan yang kita sukai bantu sekali tingkatkan mood dan mengurangi stres. Hobi nggak cuma untuk stres release dan seneng-seneng. Biasanya kalo kita suka, lebih relate," kata Nadya saat acara peluncuran kemasan baru HiLo Active secara virtual, belum lama ini. meningkatkan level mood dan mengurangi stres.

Di sisi lain, bermula dari hal yang disukai, Nadya menjelaskan dapat mengeksplorasi potensi diri lain untuk menunjang perkembangan diri baik secara personal atau profesional. Menurut Nadya, hal ini sangat penting, terutama pada usia dewasa aktif.

Sementara itu, dibandingkan remaja, orang dewasa lebih mudah mengenali hobi karena memiliki kemampuan berpikir reflektif. Kemampuan ini membuat mereka memaknai apa yang bisa dilakukan, tahu apa yang disukai dan tidak suka, kemudian mengevaluasi diri.

"Sampai dewasa eksplorasi pada hobi dan yang kita sukai sangat penting untuk ciptakan diri kita sendiri. Dengan kita tetap aktif dan lakukan hal yang kita sukai bisa tingkatkan perasaan bahagia, puas sama hidup kita," tandasnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3966 seconds (0.1#10.140)