12 Cara Menyembuhkan Asam Urat Alami dan Tanpa Obat, Nomor 4 Tak Disangka

Sabtu, 23 Juli 2022 - 12:02 WIB
loading...
12 Cara Menyembuhkan Asam Urat Alami dan Tanpa Obat, Nomor 4 Tak Disangka
Asam urat bisa disembuhkan tanpa obat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan asam urat tanpa obat sebaiknya diketahui mereka yang memiliki kadar asam urat.Bila belum terlalu para, memang asam urat bisa disembuhkan dengan menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Asam urat memang sebaiknya diobati lebih cepat, karena asam urat yang tinggi bisa menyebabkan rasa sakit, terutama di kaki,

Seperti diketahui, saat ini jumlah penderita asam urat juga terus meningkat. Pada 2015, Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan, prevalensi penyakit asam urat di Indonesia untuk usia di bawah 34 tahun sebesar 32 persen. Sedangkan, untuk mereka yang di atas 34 tahun, ada 68 persen.

Saat asam urat kembali berulah, obat pereda nyeri NSAID atau kolkisin bisa menjadi penolong.Untuk menurunkan kadar asam urat, dokter biasanya akan meresepkan kedua obat ini.

Bila Anda ingin cara lain untuk mengatasi kambuhnya asam urat, sebenarnya ada cara di luar penggunaan obat-obatan. Adapun cara menurunkan asam urat tanpa obat yang dianjurkan oleh dokter, antara lain:

Baca Juga: Waspada Penyakit Asam Urat, Kenali Gejala dan Penanganannya

1. Hindari Minuman Manis

Mengonsumsi minuman manis tak melulu hanya dihubungkan dengan diabetes. Minum minuman manis secara berlebihan juga akan meningkatkan risiko asam urat.
Selain itu, minuman tersebut juga dapat akan menaikkan berat badan karena menambahkan pemasukan kalori harian.

2. Hindari Makanan Tinggi Purin

Makanan tinggi purin dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Jenis makanan tinggi purin yang wajib Anda hindari, yaitu jeroan (hati, otak), daging merah, seafood, melinjo (emping), produk susu, kol, serta kacang-kacangan.
Saat kondisi asam urat membaik, pantangan yang satu ini harus dipatuhi seterusnya.
Orang yang telanjur punya masalah asam urat wajib membatasi asupan makanan tinggi purin. Minuman beralkohol seperti bir dan lain sebagainya juga harus dikurangi.

3. Perbanyak Minum Air Putih
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)