Jangan Panik! Ini 9 Cara Mengatasi Batuk Berdahak pada Bayi

Sabtu, 23 Juli 2022 - 14:51 WIB
loading...
A A A
7. Istirahat dan Nutrisi Cukup

Istirahat serta nutrisi yang cukup merupakan aspek yang sangat penting pada bayi yang sedang batuk berdahak.
Nutrisi seimbang membantu proses penyembuhan infeksi pada bayi.
Sementara itu, istirahat yang cukup akan membantu proses penyembuhan melalui regenerasi sel yang cepat terjadi pada kondisi istirahat.

8. Hindari Polusi dan Asap Rokok

Menghindari polusi udara serta asap rokok juga penting sebagai cara mengatasi batuk berdahak pada bayi. Hal ini akan membantu mempercepat proses penyembuhan.
Polutan yang terdapat dalam polusi udara atau asap rokok dapat mengganggu sel-sel pada saluran napas bayi, sehingga proses pembersihan infeksi tidak dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga: Arti Kesehatan di Balik Kebiasaan Bayi Menjulurkan Lidah

9. Berkonsultasi dengan Dokter

Jika batuk berdahak tidak kunjung sembuh atau anak terlihat sesak, makan dan minum berkurang, atau demam tinggi, maka sebaiknya Anda segera membawa si Kecil ke dokter.
Dokter akan melakukan pemeriksaan lengkap kepada anak Anda, serta memberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi anak.

Nah, kini Anda telah mengetahui cara mengatasi batuk berdahak pada bayi. Ingat, tidak semua keluhan batuk berdahak yang dialami bayi membutuhkan obat-obatan khusus.
Bila ingin konsultasi lebih lanjut mengenai batuk berdahak pada bayi, Anda bisa menggunakan fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

Penulis: dr. Reza Fahlevi
(wur)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2413 seconds (0.1#10.140)