Ridwan Kamil Disentil Netizen Gara-Gara Kritik Baim Wong soal Citayam Fashion Week, Begini Jawaban Bijaknya

Senin, 25 Juli 2022 - 17:17 WIB
loading...
Ridwan Kamil Disentil Netizen Gara-Gara Kritik Baim Wong soal Citayam Fashion Week, Begini Jawaban Bijaknya
Ridwan Kami menjawab secara bijak sentilan netizen usai dirinya mengkritik aksi Baim Wong mendaftarkan HAKI Citayam Fashion Week ke PDKI. Foto/Instagram Ridwan Kamil
A A A
JAKARTA - Kabar Citayam Fashion Week telah didaftarkan Baim Wong ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) atas nama perusahaannya, PT. Tiger Wong Entertainment, menjadi sorotan netizen. Termasuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menyoroti kabar yang sedang ramai tersebut.

Dalam postingannya di Instagram, Ridwan Kamil mengunggah tangkapan layar berita tentang alasan Baim Wong akan daftarkan Citayam Fashion Week ke Kemenhumham. Pada postingan tersebut, pria yang akrab disapa Kang Emil itu menuliskan caption yang berisi tentang rasa keberatannya atas rencana Baim Wong mendaftarkan Citayam Fashion Week ke HAKI.

“Dear Baim Wong dkk, Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula,” ujar Kang Emil seperti dikutip dari laman Instagramnya, Senin (25/7/2022).

Baca Juga: Ridwan Kamil Kritik Baim Wong usai Daftarkan Citayam Fashion Week ke PDKI: Biarkan Tetap Slebew Bukan Haute Couture

Menurutnya, ketika suatu fenomena yang viral dimewahkan, justru tidak akan bertahan lama. Kang Emil menyarankan agar Citayam Fashion Week tetap berjalan seperti apa adanya. “Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda,” ujar dia.

“Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di Sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional. Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture,” sambung Kang Emil.

Orang nomor satu di Jawa Barat itu menambahkan, remaja yang meramaikan Citayam Fashion Week hanya butuh ruang ekspresi. Dan sebaiknya tidak ada campur tangan negara terlalu jauh. “Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur,” tutur Kang Emil

“Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda,” lanjutnya.

Baca Juga: Fenomena Citayam Fashion Week Disorot Media Jepang: seperti Harajuku

Kendati demikian, Kang Emil memberi apresiasi kepada Baim Wong dan Paula mengenai niat baik mereka. Namun, dia menyarankan agar pendaftaran Citayam Fashion Week ke HAKI dibatalkan saja.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1835 seconds (10.177#12.26)