Cara Mengobati Ringworm pada Manusia, Ini Penjelasan Dokter

Senin, 01 Agustus 2022 - 13:33 WIB
loading...
Cara Mengobati Ringworm pada Manusia, Ini Penjelasan Dokter
Cara mengobati Ringworm pada manusia ternyata tidak sulit. Mulai dari menjaga kebersihan sampai optimalisasi barrier kulit. Foto/Ilustrasi/Unsplash
A A A
JAKARTA - Cara mengobati Ringworm pada manusia ternyata tidak sulit. Mulai dari menjaga kebersihan sampai optimalisasi barrier kulit.

Penyakit kulit seperti ringworm merupakan infeksi akibat jamur bisa terjadi kepada siapapun. Terlebih mereka yang memelihara kucing atau binatang lainnya, tentu perlu berhati-hati.

Penyakit kulit seperti ringworm merupakan infeksi akibat jamur bisa terjadi kepada siapapun. Terlebih mereka yang memelihara kucing atau binatang lainnya, tentu perlu berhati-hati.

Dengan menjaga kebersihan diri dan sekitar, seperti setelah bermain tanah atau bersama binatang. Disarankan untuk segera membersihkan diri dan tidak lupa menjaga kesehatan atau kebersihan kulit agar tidak rusak.

Baca Juga: Kisah Pilu Petinju Kongo Melawan Penyakit Kulit Kronis

"Cara mencegah ringworm dengan menjaga hygiene (kebersihan). Apabila dari tanah/bermain binatang langsung mandi. Hygiene binatang peliharaan dijaga," kata Dr. Arini Astasari Widodo, SpKK, Dermatologist, lecturer, researcher Konsultan medis klinik Dermalogia, kepada MNC Portal, Senin (1/8/2022)

"Hindari kelembaban berlebihan. Optimalisasi barrier kulit, dijaga agar kulit tidak rusak," imbuhnya

Melansir WebMD kurap atau istilah asingnya ringworm memiliki gejala bercak merah bersisik atau benjolan yang terasa gatal. Seiring waktu, benjolan berubah menjadi tambalan berbentuk cincin atau lingkaran, hal ini sekilas sama dengan seorang wanita belum lama ini viral.

Cara Mengobati

Menurut Arini infeksi kurap umumnya bisa menghilang tanpa obat. Namun ada juga kurap memerlukan obat antijamur, yang oleskan krim ke lesi (luka).

"Oleskan obat antijamur tropikal ke lesi itu sendiri dan 1 inci di luar batasnya, dua kali sehari selama minimal dua minggu, dan setidaknya satu minggu setelah hilang. Jaga agar area yang terinfeksi tetap bersih dan kering," jelas Dr Arini.

Berikut obat-obat yang dijual bebas di apotek bisa mengobati infeksi jamur, meliputi:

- Miconazole 2% (Monistat-Derm, Lotrimin AF Powder, Lotrimin AF Powder Spray, Lotrimin AF Liquid Spray, dan Micatin);
- Clotrimazole 1% (Lotrimin AF Cream dan Mycelex);
- Butenafine 1% (Lotrimin Ultra, dan Mentax); dan
- Terbinafine 1% (Lamisil AT).
(hri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1483 seconds (10.101#12.26)