Peduli Lingkungan, Saykoji Rayakan Satu Tahun Candi Darling

Senin, 29 Juni 2020 - 09:21 WIB
loading...
Peduli Lingkungan, Saykoji Rayakan Satu Tahun Candi Darling
Saykoji menjadi salah satu musisi yang peduli dan cinta lingkungan. Dia merasa tersentuh ketika terlibat dalam acara virtual seremoni perayaan satu tahun Candi Darling. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Saykoji menjadi salah satu musisi yang peduli dan cinta lingkungan. Dia merasa tersentuh ketika terlibat dalam acara virtual seremoni perayaan satu tahun Candi Darling. Apalagi, dia pernah mengikuti program Candi Darling di Candi Prambanan pada 2019 sehingga tahu perkembangan Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling).

Seperti diketahui, Siap Darling meluncurkan program Candi Sadar Lingkungan (Candi Darling) yang digagas Bakti Lingkungan Djarum Foundation pada Juni 2019. Di usianya yang kini menginjak satu tahun, Candi Darling telah sukses menginspirasi generasi muda untuk bergabung dalam Darling Squad dan melakukan penanaman di empat kawasan candi dan situs bersejarah di tiga provinsi yakni DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kawasan candi yang ditanami ribuan pohon ini, yakni Candi Prambanan, Benteng Van Den Bosch, Situs Ratu Boko dan Candi Ijo, Taman Wisata Alam Kawah Ijen dan Kompleks Candi Gedongsongo. Dalam kurun waktu itu pula, Candi Darling berhasil menggandeng lebih dari 1.200 mahasiswa yang terdaftar di 238 kampus di Indonesia.

Pada perayaan pertama Candi Darling, Saykoji harapan agar Candi Darling dapat menjangkau lebih luas lagi generasi muda untuk turut berpartisipasi menjaga lingkungan. (Baca juga: Daftar Rilis Film Blockbuster 2020-2021 ).

“Kegiatan Candi Darling ini membuat saya tersentuh karena ternyata manusia termasuk generasi muda di dalamnya punya peran yang sangat penting terhadap keberlangsungan alam. Seperti ketika saya tahun lalu menanam di Prambanan, saya jadi kangen banget untuk balik lagi dan melihat pertumbuhan pohonnya seperti apa,” kata Saykoji.

“Nah, gerakan Candi Darling ini saya yakin dapat menciptakan ikatan yang kuat antara generasi muda dan lingkungan, sehingga kita akan terus melakukan hal yang baik terhadap lingkungan di masa mendatang,” tambah dia.

Sementara, di masa pandemi Covid-19, Siap Darling tetap berlanjut dengan menyelenggarakan Darling From Home, yaitu edukasi bagi generasi muda untuk tetap merawat dan menjaga lingkungan melalui virtual workshop dan talkshow daring.

Tak hanya itu, peringatan satu tahun lahirnya Candi Darling juga turut dilakukan secara virtual mengikuti anjuran pemerintah tentang physical distancing dan menghindari kerumunan orang di satu tempat.

Communication Director Djarum Foundation Mutiara Asmara mengatakan kegiatan Darling From Home adalah salah satu inovasi dari Siap Darling di masa pandemi Covid-19 dengan senantiasa mendorong generasi muda untuk tetap peduli dan aktif terlibat dalam aksi nyata menjaga lingkungan, tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan. (Baca juga: Siap-siap Ke Yogyakarta? Ada 10 Destinasi Wisata Kekinian Yang Hits Lho! ).

“Demi menjaga keseimbangan alam ini, kami secara konsisten berupaya untuk mendorong generasi muda yang berada di rumah agar senantiasa menjaga keseimbangan alam serta memelihara lingkungan dengan caranya masing-masing karena lingkungan yang bersih akan mendukung hidup yang bersih tentunya sesuai dengan protokol kesehatan,” kata Mutiara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)