Makanan Penurun Kolesterol Tinggi dalam Hitungan Minggu

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 07:10 WIB
loading...
Makanan Penurun Kolesterol Tinggi dalam Hitungan Minggu
Ada makanan penurun kolesterol tinggi dalam hitungan minggu yang bisa Anda coba. Menurut penelitian, makanan ini terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada makanan penurun kolesterol tinggi dalam hitungan minggu yang bisa Anda coba. Menurut penelitian, makanan ini terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang melonjak hingga 6 persen.

Kolesterol tinggi bisa sulit dikenali karena kurangnya gejala. Terbentuk di arteri secara diam-diam, kondisi ini dapat menyebabkan penyakit jantung dan masalah kesehatan serius lainnya.

Dilansir dari Express, Sabtu (6/8/2022) peningkatan kadar kolesterol sering kali disebabkan oleh makanan berlemak. Untungnya, makanan sehat dapat membalikkan kondisi ini.

Pola makan yang tidak sehat adalah salah satu faktor utama penyebab kolesterol tinggi. Makan terlalu banyak makanan berlemak dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.


Tetapi mengonsumsi makanan yang sebaliknya dapat membantu mendorong zat lemak keluar dari tubuh. Namun, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Nutrition and Food Research menemukan bahwa mengonsumsi brokoli bisa menurunkan kolesterol tinggi.

Dalam penelitian, responden diminta mengonsumsi 400 gram brokoli per minggu sebagai bagian dari diet normal. Setelah mengonsumsi brokoli selama 12 minggu, peneliti melihat penurunan kolesterol jahat rata-rata enam persen.

"Meskipun pengurangan yang terlihat dalam uji coba ini kecil, pada tingkat populasi, 1 persen pengurangan kolesterol jahat telah dikaitkan dengan 1 hingga 2 persen pengurangan risiko penyakit arteri koroner," jelas peneliti.

Bagian lain dari brokoli yang mampu menargetkan kolesterol adalah serat. Beberapa jenis serat mampu mengeluarkan kolesterol dari tubuh.



Pengurangan kolesterol terjadi ketika serat menghalangi sebagian kolesterol diserap dari usus ke dalam aliran darah.

Sementara itu, Heart UK juga menyarankan untuk mengonsumsi brokoli untuk menurunkan kolesterol tinggi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2875 seconds (0.1#10.140)