9 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Usia 40 Tahun ke Atas, Nomor 6 Gampang dan Menyenangkan

Selasa, 09 Agustus 2022 - 15:26 WIB
loading...
9 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Usia 40 Tahun ke Atas, Nomor 6 Gampang dan Menyenangkan
Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga yang cocok untuk mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Olahraga tak hanya bisa dilakukan oleh mereka yang berusia muda saja. Menginjak usia 40 tahun bukan berarti membuat seseorang tak lagi berolahraga lho. Justru, olahraga untuk usia 40 tahun penting karena berat badan mulai bertambah.

Hanya saja, jenis dan intensitas olahraga yang bagus untuk 40 tahun ke atas tidak sama seperti orang usia muda. Pilihlah aktivitas fisik aman guna menghindari cedera yang mungkin terjadi.

Durasi olahraga untuk usia 40 tahun ke atas tidak jauh berbeda dengan durasi pada umumnya. Olahraga ringan bisa dilakukan minimal tiga puluh menit per hari. Bila olahraga intens seperti lari atau jogging yang jadi pilihan, cukup lakukan lima belas menit per hari.

Berikut beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan usia 40 tahun ke atas:

1. Zumba

Zumba menggabungkan dansa dan koreografi. Latihan ini membuat lemak di paha, lengan, dan perut berkurang. Penumpukan lemak pada beberapa bagian tersebut umumnya terjadi seiring bertambahnya usia.
Zumba untuk usia di atas 40 tahun tentu tidak sama gerakannya dengan usia yang lebih muda. Di usia 40 tahun, lakukan zumba dengan intensitas yang lebih rendah. Durasinya sekitar empat puluh menit.

Selain itu, latihan angkat beban juga bisa dilakukan untuk membantu mengurangi nyeri yang berhubungan dengan artritis, yaitu kondisi peradangan pada sendi.

Baca Juga: Waspada, Usia di Atas 40 Rentan Cedera Ini saat Olahraga

2. Yoga

Yoga dapat membangun sekaligus mempertahankan kekuatan otot. Selain itu, manfaat yoga juga membantu menenangkan pikiran dan menurunkan tingkat stres.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)