Ini Perbedaan Gejala dan Tanda Campak dengan Cacar Monyet

Rabu, 10 Agustus 2022 - 13:12 WIB
loading...
Ini Perbedaan Gejala dan Tanda Campak dengan Cacar Monyet
Belum tuntas pandemi Covid-19 di Indonesia, kini muncul wabah baru di tengah masyarakat yaitu cacar monyet. / Foto: ilustrasi/newsdigestblog.org
A A A
JAKARTA - Wabah baru, cacar monyet mulai menghantui masyarakat ketika pandemi Covid-19 belum sepenuhnya tuntas di Indonesia.

Virus yang cukup meresahkan tersebut, hingga saat ini penanganannya masih terus diuji. Cacar monyet sendiri kali pertama ditemukan pada 1970 di Kongo, Afrika.

Sementara, di tahun ini, kasus pertama cacar monyet ada di Singapura yang dibawa warga negara Nigeria berusia 38 tahun pada 28 April. Dia dites positif cacar monyet pada 8 Mei.

Baca juga: 17 Kasus Suspek Cacar Monyet Ditemukan, Masyarakat Diminta Tetap Waspada

Hingga saat ini, pihak medis masih terus mengenali virus tersebut sebagai langkah antisipasi. Cacar monyet sendiri ditandai dengan muncul bintik-bintik di kulit, namun penyakit ini berbeda dengan campak.

Dilansir dari Webinar Kesehatan: Indonesia Waspada Wabah Monkeypox , berikut beda gejala dan tanda cacar monyet dan campak, yang dikutip Rabu (10/8/2022).

Gejala dan Tanda Campak

- Pada awalnya, gejala campak ditandai dengan panas tinggi hingga 4,5 derajat celcius hingga muncul ruang setelah 2 sampai 4 hari.

- Untuk bentuk ruamnya sendiri biasanya ruam nonvesikel pada berbagai fase. Maksudnya adalah ruam ini tidak berisi cairan di dalamnya dan menimbulkan rasa gatal.

- Biasanya ruam ini berkembang sangat cepat di hari kelima hingga ketujuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)