3 Lauk Pauk Rendah Kolesterol, Rasanya Enak dan Perlu Dicoba

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 06:37 WIB
loading...
3 Lauk Pauk Rendah Kolesterol, Rasanya Enak dan Perlu Dicoba
Penderita kolesterol tinggi tentunya memilih lauk pauk yang rendah kolesterol untuk dikonsumsi. / Foto: ilustrasi/healthyfood.com
A A A
JAKARTA - Penderita kolesterol tinggi tentunya memilih lauk pauk yang rendah kolesterol untuk dikonsumsi. Selain itu, mereka juga mengurangi porsi lauk pauk lainnya agar terbiasa.

Tubuh terasa tidak enak jika kolesterol meningkat, maka dari itu menghindari lauk pauk pemicu naiknya kolesterol menjadi pilihan terbaik.

Menjaga pola makan dengan mengonsumsi lauk pauk yang rendah kolesterol juga perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat, termasuk juga berolahraga.

Baca juga: Vaksin Booster Kedua Mungkin Tidak Diperlukan, Ini Kata Epidemiolog UI

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 3 pilihan lauk pauk yang rendah kolesterol perlu dicoba.

1. Sayur Bening

Sayur bening merupakan lauk pauk yang rendah kolesterol. Misalnya sayur bayam, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dengan cara meningkatkan produksi oksida nitrat.

Apabila tidak doyan bayam, maka bisa mengonsumsi sayur okra atau bendi atau oyong, karena senyawa aktif yang di dalam okra ini mampu merangsang sensitivitas insulin.

Para peneliti menemukan gel dalam okra yang disebut lendir dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengikatnya selama pencernaan.

Untuk diketahui, sayur bening wajib segera dihabiskan, dan tidak diperkenankan untuk dihangatkan karena bisa merusak manfaat yang ada di dalamnya.

2. Tumis

Bisa banget nih buat yang tidak suka dengan sayur untuk mencoba lauk pauk berupa tumisan. Misalnya tumis terong,

Dengan tumis, kita bisa memasaknya dengan sedikit minyak. Terong juga mengandung serat, mangan, folat, kalium, vitamin K, C, magnesium, dan tembaga. Vitamin C dan serat juga bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Bisa juga tumis brokoli yang dicampur dengan wortel dan bakso ikan. Brokoli mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, C, E, asam folat, kalium, flavonoid, dan serat. Kandungan itulah yang membuat brokoli mampu menurunkan kolesterol tinggi.

3. Olahan Ikan

Lauk pauk olahan ikan bukan hanya digoreng saja, Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi ikan panggang atau kukus yang tanpa minyak.

Apabila ingin memasak digoreng sendiri dan memiliki alat air fryer bisa banget jadi alternatif agar digorengnya tanpa minyak, namun tetap renyah.

Baca juga: 4 Telur yang Mengandung Kolesterol, Mana Paling Tinggi?

Anda bisa mengonsumsi ikan yang kaya kandungan asam lemak omega-3, seperti ikan kembung, tongkol, dan tuna, juga merupakan makanan penurun kolesterol.

(MG/Nurhalimah Zahra)
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)