Bisa Sebabkan Kematian, Ini Langkah Mengobati Kanker Payudara

Selasa, 16 Agustus 2022 - 22:24 WIB
loading...
Bisa Sebabkan Kematian, Ini Langkah Mengobati Kanker Payudara
Kanker payudara bisa diobati dan disembuhkan, namun mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetahui langkah pengobatannya. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Adik perempuan Ozy Syahputra mengembuskan napas terakhir karena kanker payudara. Penyakit ini pun menarik perhatian publik.

Merangkum dari berbagai sumber, kanker payudara bisa diobati dan disembuhkan. Namun, mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetahui langkah pengobatannya.

Seperti menukil laman kesehatan Healthline, mengobati kanker payudara harus didahului dengan pemeriksaan dokter. Ini guna mengetahui kondisi dan menentukan langkah selanjutnya untuk perawatan atau pengobatan.

Baca juga: Merenggut Nyawa Adik Ozy Syahputra, Cegah Kanker Payudara dengan Mengenali Gejalanya

"Kanker payudara diobati dengan beberapa cara. Hal ini tergantung pada jenis kanker payudara dan seberapa jauh penyebarannya. Orang dengan kanker payudara sering mendapatkan lebih dari satu jenis pengobatan," sebut CDC dalam laman resminya cdc.gov, dikutip Selasa (16/8/2022).

Pembedahan adalah pengobatan yang paling umum untuk kanker payudara. Banyak orang memiliki perawatan tambahan, seperti kemoterapi, terapi bertarget, radiasi, atau terapi hormon.

1. Operasi

Beberapa jenis operasi dapat digunakan untuk mengangkat kanker payudara, di antaranya:

- Lumpektomi. Prosedur ini mengangkat tumor dan beberapa jaringan di sekitarnya, membiarkan sisa payudara tetap utuh.

- Mastektomi. Dalam prosedur ini, ahli bedah mengangkat seluruh payudara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)