4 Hewan Bercangkang yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Kamis, 18 Agustus 2022 - 12:02 WIB
loading...
4 Hewan Bercangkang yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Apa Saja?
Hewan bercangkang yang mengandung kolesterol tinggi setidaknya ada empat, sehingga jangan terlalu sering dikonsumsi. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Hewan bercangkang yang mengandung kolesterol tinggi setidaknya ada empat, sehingga jangan terlalu sering dikonsumsi.

Selama ini, banyak orang beranggapan bahwa hewan bercangkang itu pasti tinggi kolesterol . Fakta mengatakan tidak demikian. Namun, benar bahwa ada 4 hewan bercangkang tinggi kolesterol.

Tinggi tidaknya kolesterol yang terkandung di dalam hewan bercangkang itu mengacu pada batas rekomendasi konsumsi kolesterol harian. Amerika sendiri menetapkan batas kolesterol harian pada makanan itu 100-300 mg per hari.

Baca juga: 4 Film Korea yang Tidak Boleh Ditonton Sendirian, Nomor 3 Bikin Tidur Tak Nyenyak

Nah, 4 hewan bercangkang ini punya kolesterol di atas 100 mg yang mana jika dikonsumsi berlebihan, tentu tidak akan baik untuk kesehatan. Risiko penyakit jantung bisa saja meningkat jika konsumsi terlalu banyak dan rutin dimakan.

So, apa saja 4 hewan bercangkang tinggi kolesterol tersebut? Menurut laporan Very Well, 4 hewan bercangkang yang tinggi kolesterol antara lain:

1. Udang (220 mg per 100 gram).

2. Kepiting (102 mg per 100 gram).

3. Tiram (100 mg per 100 gram).

4. Cumi-cumi (237 mg per 100 gram).

Ya, cumi-cumi menjadi hewan bercangkang dengan kadar kolesterol tertinggi per 100 gram dibandingkan hewan bercangkang lainnya.

Anda juga perlu tahu juga bahwa ada hewan bercangkang yang rendah kolesterol. Bisa dikatakan rendah karena kandungan kolesterol hewan-hewan tersebut di bawah 100 mg per 100 gram. Hewan bercangkang apa saja itu?

1. Lobster (92 mg per 100 gram).

2. Mussels (57 mg per 100 gram).

3. Scallops (41 mg per 100 gram).

4. Siput (51 mg per 100 gram).

5. Gurita (98 mg per 100 gram).

6. Clams (67 mg per 100 gram).

Lantas, bagaimana cara membatasi kolesterol tinggi?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kadar kolesterol dari hewan-hewan itu tidak melonjak tajam. Selain membatasi jumlah asupannya, proses memasaknya pun perlu diperhatikan.

"Memasak hewan bercangkang dengan mentega atau membalutnya dengan saus mentega dipastikan akan meningkatkan kadar kolesterol dari tiap hewan bercangkang tersebut," ungkap laman tersebut, dikutip MNC Portal Kamis, (18/8/2022).

Lalu, bagaimana agar tetap bisa makan hewan bercangkang dengan sehat?

Direkomendasikan untuk mengombinasikan hewan bercangkang dengan jus lemon, bumbu bawang putih, ditambahkan peterseli, jahe parut segar, maupun minyak zaitun.

Diharapkan juga untuk membeli hewan bercangkang yang masih segar, karena selain rasanya yang lebih enak tapi juga punya kandungan gizi yang masih sehat. Cara tahu hewan bercangkang itu masih segar bagaimana?

Baca juga: 4 Film Barat yang Tidak Boleh Tayang di Indonesia, Penuh Adegan Vulgar dan Sensitif

"Carilah hewan bercangkang yang dagingnya bening atau tidak keruh, lalu aromanya masih segar, dan masih segar," saran laman tersebut.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)