Sudahkah Indonesia Merdeka dari Belenggu Covid-19? Ini Kata Epidemiolog

Kamis, 18 Agustus 2022 - 13:39 WIB
loading...
Sudahkah Indonesia Merdeka dari Belenggu Covid-19? Ini Kata Epidemiolog
Segenap bangsa Indonesia memiliki tujuan yang sama, yakni mengalahkan pandemi Covid-19 alias merdeka dari Covid-19. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Segenap bangsa Indonesia memiliki tujuan yang sama, yakni mengalahkan pandemi Covid-19 alias merdeka dari Covid-19. Namun, apakah tujuan tersebut sudah berhasil diraih?

Menurut epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman , merdeka dari Covid-19 adalah bukan didefinisikan sebagai benar-benar menghilangkan Covid-19. Tetapi, berhasil mengendalikan Covid-19.

"Merdeka dari Covid-19 itu adalah saat satu bangsa berhasil mengendalikan Covid-19, sehingga keberadaannya sangat kecil dan tidak berdampak pada aspek kehidupan, seperti kesehatan maupun ekonomi," ungkap Dicky Budiman saat dihubungi, Kamis (18/8/2022).

Baca juga: 4 Hewan Bercangkang yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Nah, apakah Indonesia sudah merdeka dari Covid-19? Dicky menjawab belum. Meski kondisi kehidupan sudah semakin terkendali, tapi Covid-19 masih cukup berdampak bagi kehidupan saat ini.

Lantas, bagaimana agar bisa merdeka dari Covid-19?

Langkah penting yang harus terus dijaga adalah mempertahankan penguatan 3T, 5M, dan perubahan perilaku seperti pakai masker dan divaksinasi. Tak hanya itu, pemerintah perlu melakukan perbaikan aspek kebijakan termasuk aspek pembangunan yang mempertimbangkan sirkulasi udara dengan ventilasi baik.

"Yang terpenting juga adalah bagi masyarakat untuk tidak pernah bosan pakai masker saat berada di antara kerumunan orang dan di ruang tertutup. Malas-malasan pakai masker bisa mencelakai orang lain," jelas Dicky.

"Masyarakat yang belum divaksinasi juga diharapkan untuk segera mendapatkan vaksin dosis lengkap yaitu booster bagi mereka yang 18 tahun ke atas," lanjutnya.

Jadi, merdeka itu bukan kemudian ogah-ogahan pakai masker atau memilih untuk tidak divaksinasi. Merdeka itu milik bersama, dan dengan mengutamakan keselamatan bersama, merdeka dari Covid-19 itu bisa dicapai Indonesia.

"Bahkan, tidak hanya saling melindungi antarmanusia, tapi juga perlu bersama-sama merawat dan hidup harmonis dengan hewan, lingkungan, alam, maupun satwa liar, sehingga tidak mudah terancam ketika kedatangan wabah," terang Dicky.

Baca juga: 4 Film Korea yang Tidak Boleh Ditonton Sendirian, Nomor 3 Bikin Tidur Tak Nyenyak

"Merdeka juga adalah menempatkan kesehatan di atas kepentingan lain dan juga melihat kepentingan bersama sebagai tujuan, bukan hanya tujuan individu," katanya lagi.
(nug)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2577 seconds (11.210#12.26)