88 Persen Anak Indonesia Giginya Bermasalah, Menkes Budi: Kita Aktifkan Kembali UKS

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 11:25 WIB
loading...
88 Persen Anak Indonesia Giginya Bermasalah, Menkes Budi: Kita Aktifkan Kembali UKS
Sekitar 88 persen anak di Indonesia memiliki masalah pada kesehatan gigi. Melihat hal tersebut, Menkes Budi Gunadi Sadikin berencana mengaktifkan kembali Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sekitar 88 persen anak di Indonesia memiliki masalah pada kesehatan gigi . Melihat hal tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan akan mengaktifkan kembali program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Hal tersebut menjadi program pemerintah untuk mengatasi masalah gigi anak-anak tersebut. Menkes Budi menilai pemeriksaan gigi dan mulut di sekolah penting dilakukan.

"Kita akan mengaktifkan kembali Usaha Kesehatan Sekolah. Nanti Puskesmas- Puskesmas dan Posyandu akan kita seringkan melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah melalui unit kesehatan sekolah agar bisa melakukan pemeriksaan gigi ke anak-anak,” kata Menkes Budi dalam laman resmi Sehat Negeriku Kemenkes, dikutip Jumat (19/8/2022).

Sementara itu, Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) drg. Usman Sumantri, MSc mengatakan beberapa alasan masyarakat tidak mau memeriksakan gigi ke dokter gigi adalah karena biaya mahal, takut suara bor gigi, dan karena kebiasaan keluarga yang tidak pernah membawa anaknya memeriksakan gigi ke dokter gigi.

Baca Juga: Menkes Budi Gunadi: Air Kemasan Galon Polikarbonat Aman
">

Padahal terkait biaya, lanjut drg. Usman, pemerintah sudah menanggungnya dengan BPJS Kesehatan.

“Padahal sudah ditanggung BPJS Kesehatan. Adanya pemeriksaan gigi dan mulut di sekolah menjadi salah satu solusi anak mau diperiksa giginya, dan orang tua harus mampu membiasakan pola hidup sehat pada anaknya,” ucap drg. Usman.

Dengan demikian, Menkes Budi mengingatkan kepada para guru dan orang tua agar anak-anak mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis, rajin menyikat gigi, dan rutin memeriksakan gigi setiap 6 bulan.

"Kesehatan gigi itu tidak boleh terlalu banyak makan dan minum yang manis-manis, sikat giginya mesti rajin, dan minimal periksa gigi setahun dua kali,” jelasnya.
(hri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1252 seconds (10.55#12.26)