4 Pantangan bagi Penderita Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Rabu, 24 Agustus 2022 - 08:00 WIB
loading...
4 Pantangan bagi Penderita Kolesterol Tinggi, Apa Saja?
Terdapat sejumlah pantangan yang wajib dihindari bagi penderita kolesterol tinggi. / Foto: ilustrasi/The Ready State
A A A
JAKARTA - Ada beberapa pantangan yang wajib dihindari bagi penderita kolesterol tinggi. Seperti diketahui kolesterol merupakan jenis zat lemak yang sangat penting untuk perkembangan sel-sel sehat pada tubuh. Namun, kadar nilai kolesterol yang tinggi merupakan pemicu timbulnya penyakit jantung.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), angka kematian akibat penyakit jantung pada 2019 mencapai 17,9 juta jiwa. Dari data ini sebanyak 85% disebabkan stroke dan serangan jantung.

Oleh karena itu, kolesterol dapat dikatakan sebagai penyakit serius yang bisa menyebabkan kematian. Selain itu, kadar kolesterol yang tinggi tentunya juga membuat tubuh mudah sakit dan terasa tak nyaman.

Baca juga: Ciri-ciri Cacar Monyet yang Harus Diwaspadai dan Pencegahannya

Berikut larangan yang wajib dihindari bagi para penderita kolesterol tinggi supaya kadar nilai kolesterol kembali normal yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengonsumsi Produk Minuman Olahan Susu

Susu memang memiliki rasa yang lezat dan dikenal sebagai produk minuman sehat karena kayanya kandungan protein dan nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan tubuh. Namun, bukan berarti semua jenis susu boleh dikonsumsi.

Dalam 1 cangkir susu sapi mengandung 24 mg kolesterol, 5 gr lemak jenuh dan 146 kalori. Dengan mengkonsumsi susu sapi tersebut dapat menyebabkan nilai kolesterol semakin tinggi.

Apalagi jika dikonsumsi dengan cream yang mengandung lemak banyak, sudah pasti kandungan kolesterol pada minuman tersebut sangat bahaya. Maka bagi penderita kolesterol disarankan untuk mengonsumsi susu jenis lainnya.

2. Makan Berbagai Macam Jeroan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2570 seconds (0.1#10.140)