Miliki Paket Lengkap, Sandiaga Uno Apresiasi Desa Wisata Air Terjun Moramo

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 21:26 WIB
loading...
Miliki Paket Lengkap, Sandiaga Uno Apresiasi Desa Wisata Air Terjun Moramo
Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan bahwa Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari ini mementingkan konservasi alam dalam pengembangannya. / Foto: dok. Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Desa Wisata Air Terjun Moramo, Sumbersari, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), berhasil mengembangkan wisata berbasis konservasi alam.

Menparekraf Sandiaga menyampaikan bahwa desa wisata ini mementingkan konservasi alam dalam pengembangannya. Desa wisata tersebut berhasil masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

"Saya melihat Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari merupakan paket yang sangat lengkap karena ada aspek konservasi. Bahkan ada satwa monyet dan anoa dalam konservasinya," ungkap Sandiaga dalam keterangan resminya saat melakukan visitasi ke Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari, Jumat (26/8/2022).

Baca juga: Nginep Anti Rugi dengan Diskon s.d 70% kalau Pesan di Mister Aladin, Buruan Cuma 2 Hari!

Menparekraf menambahkan, Desa Wisata Air Terjun Moramo memiliki pengolahan sumber energi baru terbarukan. Menurutnya, hal ini bisa menjadi jawaban masyarakat Sulawesi Tenggara untuk mengantisipasi krisis energi.

Selain itu, terdapat juga paket sumber energi baru dan terbarukan, yakni melalui pemanfaatan sumber mikro hydro yang menjadi listrik. Hal tersebut menjadi penjawab, karena kenaikan harga bahan pokok termasuk bahan energi.

"Kalau misalnya kita bisa menciptakan kendaraan berbasis listrik seperti motor listrik, mobil listrik dengan peningkatan pembangkit di sini. Kita tidak usah khawatir dengan harga naik karena kita bisa menyesuaikan dengan keunggulan dan kearifan lokal di sini," ungkapnya.

Lebih lanjut, Sandiaga mengutarakan, Desa Wisata Air Terjun Moramo awalnya merupakan daerah transmigran, sehingga keberagaman suku dan budaya menjadi salah satu hal unik di sini. Masyarakat di desa sudah terbiasa dengan perbedaan suku, budaya, bahasa dan tradisi.

Miliki Paket Lengkap, Sandiaga Uno Apresiasi Desa Wisata Air Terjun Moramo

(Foto: dok. Kemenparekraf)

"Hal tersebut menjadikan desa wisata ini laksana miniatur Indonesia. Terdapat 5 suku yang mendiami desa, antara lain Tolaki, Jawa, Sunda, Bali, dan Bugis," terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1398 seconds (0.1#10.140)