Diidap Ratusan Mahasiswa di Bandung, Apa Itu HIV AIDS?

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 22:40 WIB
loading...
Diidap Ratusan Mahasiswa di Bandung, Apa Itu HIV AIDS?
Ratusan mahasiswa di Bandung, Jawa Barat dikabarkan mengidap HIV AIDS. Kepala Dinkes Kota Bandung dr. Ira Dewi Jani menjelaskan penyebab tingginya kasus ini. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ratusan mahasiswa di Bandung, Jawa Barat dikabarkan mengidap HIV AIDS . Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung dr. Ira Dewi Jani menjelaskan penyebab tingginya kasus ini.

Menurut dr. Ira ada beberapa penyebab ratusan mahasiswa di Bandung mengidap HIV AIDS. Ini di antaranya seks bebas, penyalahgunaan napza, penularan dari ibu ke anak, serta tenaga medis yang mengalami kecelakaan kerja menjadi penyebabnya.

Dilansir dari Mayo Clinic, Sabtu (27/8/20222) acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) adalah kondisi kronis yang berpotensi mengancam jiwa yang disebabkan oleh human immunodeficiency virus (HIV). Dengan merusak sistem kekebalan, HIV mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

HIV adalah infeksi menular seksual (IMS). Ini juga dapat menyebar melalui kontak dengan darah yang terinfeksi dan dari penggunaan narkoba suntikan atau berbagi jarum suntik. Penyakit ini juga dapat menyebar dari ibu ke anak selama kehamilan, persalinan atau menyusui.



Tanpa pengobatan, mungkin diperlukan waktu bertahun-tahun sebelum HIV melemahkan sistem kekebalan hingga mengidap AIDS. Tidak ada obat untuk HIV AIDS, tetapi obat-obatan dapat mengendalikan infeksi dan mencegah perkembangan penyakit.

Pengobatan antivirus untuk HIV telah mengurangi kematian akibat AIDS di seluruh dunia, dan organisasi internasional bekerja untuk meningkatkan ketersediaan tindakan pencegahan dan pengobatan di negara-negara miskin sumber daya. Gejala HIV dan AIDS bervariasi, tergantung pada fase infeksi.

Beberapa orang yang terinfeksi HIV mengembangkan penyakit seperti flu dalam waktu 2 sampai 4 minggu setelah virus masuk ke dalam tubuh. Penyakit ini, yang dikenal sebagai infeksi HIV primer (akut), dapat berlangsung selama beberapa minggu.

Kemungkinan tanda dan gejala mencakup demam, sakit kepala, nyeri otot dan nyeri sendi, ruam, sakit tenggorokan dan sariawan yang menyakitkan, pembengkakan kelenjar getah bening, trauma di leher, diare, penurunan berat badan, batuk dan keringat malam.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1258 seconds (0.1#10.140)