Pernikahan Bella Hanya 2 Tahun, Psikolog Ungkap Alasan Pasangan Cepat Bercerai

Rabu, 01 Juli 2020 - 13:08 WIB
loading...
Pernikahan Bella Hanya 2 Tahun, Psikolog Ungkap Alasan Pasangan Cepat Bercerai
Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan pasangan yang baru sebentar menikah memilih untuk bercerai. Foto/Dok Instagram
A A A
JAKARTA - Perceraian Laudya Chyntia Bella dengan pria asal Malaysia, Engku Emran, cukup membuat publik terkejut. Meski sebelumnya sudah banyak kabar terkait keretakan rumah tangga pasangan itu, namun publik menyayangkan perceraian Bella dan Emran lantaran baru menikah selama 2 tahun. Apalagi keduanya dinilai sebagai pasangan yang serasi.

Psikolog anak dan keluarga Samanta Ananta, M.Psi menjelaskan, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan pasangan yang baru sebentar menikah memilih untuk bercerai. Salah satunya perihal adanya konflik besar dalam rumah tangga yang sulit diselesaikan oleh pasangan. ( )

"Di antaranya karena ada konflik yang besar yang tidak diperhitungkan sebelum menikah dan sangat sulit diselesaikan oleh pasangan. Ada perbedaan besar pada karakter masing-masing pasangan yang tidak dapat ditolerir satu sama lain, masalah finansial, masalah kesetiaan, dan pengkhiatan cinta," kata Samanta saat dihubungi SINDOnews pada Rabu (1/7).

Selama ini masyarakat banyak yang beranggapan bahwa masa perkenalan yang singkat menjadi salah satu faktor penyebab pasangan suami-istri cepat bercerai. Alasannya tidak lain karena kurang mengenal pasangan.

Kendati demikian, Samanta menjelaskan bahwa hingga saat ini tidak ada data pasti yang menyebutkan faktor perceraian cepat karena masa penjajakan hubungan yang sebentar. Alih-alih berfokus pada masa perkenalan, perceraian berkaitan dengan kualitas hubungan yang dijalani serta aspek kepribadian masing-masing.

"Hingga saat ini tidak ada data yang secara pasti menyebutkan faktor cerai cepat karena berkenalan atau masa penjajakan hubungan yang sebentar. Banyak yang pacarannya lama, bisa belasan tahun, tapi saat menikah hanya bertahan sebentar sekali," jelas Samanta.

"Ini terkait kualitas hubungan yang dijalani serta aspek kepribadian masing-masing pasangan juga. Sering kali orang merasa kalau sudah menikah, maka berarti sudah di fase aman untuk hubungannya. Akibatnya tidak melakukan upaya-upaya untuk menjaga hubungan agar selalu intim bersama pasangan," sambungnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bella mengaku sudah bercerai dari Engku Emran. Hal ini diungkapkannya melalui sebuah video berdurasi singkat. Pernyataan tersebut menjawab isu keretakan rumah tangga Bella dan Emran setelah keduanya diketahui tdak lagi memajang foto bersama di media sosial Instagram. ( )

"Berkait tentang pemberitaan saat ini rumah tangga saya, saya ingin menjelaskan bahwa kami berdua sudah sama-sama sepakat untuk berpisah secara baik-baik," ujar Bella seperti dikutip dari laman Insertlive.

Lebih Lanjut artis 32 tahun itu mengatakan, berbagai upaya telah ia dan Emran lakukan untuk mempertahankan rumah tangga mereka. Keduanya juga sudah melalui segala proses, namun kini baik Bella maupun Emran memilih untuk berpisah secara baik-baik.

"Sudah berbagai upaya yang kami lakukan dan ini adalah takdir Allah SWT. Rumah tangga kami hanya sampai di sini. Sudah segala proses kami juga lalui dan saat ini semuanya sudah selesai," kata Bella.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0799 seconds (0.1#10.140)