5 Terapi untuk Penderita Kolesterol Tinggi yang Perlu Diketahui

Rabu, 31 Agustus 2022 - 13:42 WIB
loading...
5 Terapi untuk Penderita Kolesterol Tinggi yang Perlu Diketahui
Sejumlah terapi untuk penderita kolesterol tinggi penting untuk diketahui. / Foto: ilustrasi/renuerx.com
A A A
JAKARTA - Sejumlah terapi untuk penderita kolesterol tinggi penting untuk diketahui. Pasalnya, obat-obatan tertentu tidak jarang justru meningkatkan kolesterol seseorang.

Untuk diketahui, kolesterol tinggi merupakan suatu kondisi di mana kadar kolesterol di dalam darah melebihi batas normal.

Apabila dibiarkan, kolesterol yang berlebihan bisa menumpuk di pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Baca juga: Viral! Istri Goreng Rokok Pakai Tepung, Kesal Gegara Suami Hobi Merokok

Sebenarnya, hal pertama untuk mengobati kolestrol tinggi yakni dengan mengubah gaya hidup, salah satunya mengubah pola makan.

Pola makan yang dianjurkan di antaranya pola makan tinggi serat, menghindari makanan tinggi lemak trans dan lemak jenuh, mengonsumsi makanan yang kaya omega-3, mengurangi asupan garam serta mengurangi konsumsi alkohol.

Jika dengan perubahan pola makan belum ada perubahan yang berarti, maka bisa dilakukan penanganan lebih lanjut. Lantas, terapi atau pengobatan apa saja yang tepat untuk penderita kolesterol tinggi? Berikut ulasannya, dikutip dari berbagai sumber, Rabu (31/8/2022).

1. Inhibitor Penyerap Kolesterol

Usus kecil menyerap kolesterol dari makanan dan melepaskannya ke dalam aliran darah. Obat ezetimibe (Zetia) dapat membantu mengurangi kolesterol darah dengan membatasi penyerapan kolesterol makanan. Ezetimibe dapat digunakan dengan obat statin.

2. Statin
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)