4 Kota dengan Kualitas Udara Terbaik di Dunia, Bikin Betah Liburan

Rabu, 31 Agustus 2022 - 15:04 WIB
loading...
4 Kota dengan Kualitas Udara Terbaik di Dunia, Bikin Betah Liburan
Kota dengan kualitas udara terbaik di dunia bikin betah liburan. Pasalnya, udara yang sangat bersih membuat wisatawan aman melakukan aktivitas di luar ruangan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kota dengan kualitas udara terbaik di dunia bikin betah liburan. Pasalnya, udara yang sangat bersih membuat warga lokal dan wisatawan bisa dengan aman melakukan aktivitas di luar ruangan.

Sementara itu, kalitas udara menjadi salah satu hal yang selalu diperhatian setiap kota di berbagai negara. Ini karena kualitas udara yang buruk akan mengganggu kesehatan masyarakat hingga menimbulkan rasa tak nyaman.

Di sisi lain, kualitas udara yang baik di kota-kota ini disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya peraturan larangan menggunakan pemanas kayu hingga mengurangi jumlah kendaraan.

Anda yang berencana liburan ke luar negeri dalam waktu dekat ini, berikut kota dengan kualitas udara terbaik di dunia seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/8/2022).

Baca Juga: 5 Kota dengan Kualitas Udara Terbaik di Indonesia, Kuta Bali di Posisi Puncak

1. Sydney, Australia

4 Kota dengan Kualitas Udara Terbaik di Dunia, Bikin Betah Liburan

Foto/Getty Images

Berdasarkan data yang dipaparkan IQAir, Sydney menjadi kota dengan udara bersih di dunia per 31 Agustus 2022. Indeks kualitas udara di Sidney adalah satu, yang berarti sangat baik. Dengan udara yang sangat baik ini, masyarakat pun disarankan untuk rajin membuka jendela rumah atau bangunan lainnya agar udara segar bisa masuk ke dalam ruangan.

Selain itu, masyarakat juga didorong untuk memperbanyak aktivitas di luar rumah, seperti berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh dan memanfaatkan udara segar yang tersedia. Dilansir dari University of Wollongong Australia, polusi udara di Sydney dapat ditekan karena pemerintah melarang penggunaan pemanas kayu di daerah perkotaan, mengurangi jumlah kendaraan di jalan.

Masyarakat setempat juga didorong menggunakan kendaraan rendah emisi, dan melakukan peningkatan pemantauan kualitas udara. Meskipun Sydney sudah dinilai memiliki kualitas terbaik, namun ancaman polusi udara yang datang saat cuaca ekstrem, seperti kebakaran hutan dan badai debu, sangat menjadi perhatian utama pemerintah.

Peneliti dari Universitas Wollongong memberikan rekomendasi kepada para pemangku kepentingan agar udara Sydney tetap terjaga. Salah satunya adalah tidak membangun pusat penitipan anak, sekolah, panti jompo, rumah sakit, dan jenis bangunan lain di dekat titik-titik lalu lintas.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1957 seconds (11.252#12.26)