Festival Film Bulanan Dibuka, Daftar di Sini! Sandiaga: Saatnya Sineas Kalimantan, Sulawesi & Gorontalo Unjuk Karya!

Sabtu, 03 September 2022 - 13:07 WIB
loading...
Festival Film Bulanan Dibuka, Daftar di Sini! Sandiaga: Saatnya Sineas Kalimantan, Sulawesi & Gorontalo Unjuk Karya!
Festival Film Bulanan yang dirancang berdasarkan zonasi ini diharapkan dapat membuka jalur distribusi, menstimulasi sineas lokal untuk mengembangkan potensi. / Foto: dok. Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Usai menggelar Festival Film Bulanan untuk sineas di Pulau Jawa, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, kini membuka kesempatan bagi para sineas yang ada di wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Gorontalo.

"Buat sineas yang ada di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Gorontalo, saatnya unjuk karya dengan mendaftarkan film pendek kalian di www.festivalfilmbulanan.com mulai tanggal 2 sampai 12 September mendatang," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Sandiaga , Festival Film Bulanan yang dirancang berdasarkan zonasi ini diharapkan dapat membuka jalur distribusi, menstimulasi sineas lokal untuk mengembangkan potensi, dan menghidupkan ekosistem perfilman di daerahnya.

Baca juga: Minggu Seru Bersama Kiko di Episode Door to Door

"Harapan kami di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kehadiran Festival Film Bulanan bisa mendorong para sineas untuk berkreativitas sehingga peluang usaha dan lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif tiap-tiap wilayah akan terbuka seluas-luasnya. Apalagi film adalah medium yang tepat untuk mempromosikan berbagai potensi lokal agar lebih dikenal," kata Sandiaga.

Sandiaga optimistis di tiga wilayah ini memiliki potensi luar biasa yang nantinya akan melahirkan bibit-bibit baru. Karena itu, ia mengajak para pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum untuk berkompetisi dalam Festival Film Bulanan.

Menurut Sandiaga, ini momentum yang tepat untuk memperlihatkan kekayaan alam, tradisi dan budaya masing-masing wilayah melalui karya film pendek, "Ini kesempatan yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin, ayo, perlihatkan kearifan lokal dan gali akar nusantara melalui sinema", tuturnya.

Bagi dua film yang terpilih bulan ini akan mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berupa sertifikat, suvenir, publikasi di portal nasional, dan penayangan poster film di sejumlah area gedung Kemenparekraf. Selain itu juga akan ditayangkan secara premier di kanal YouTube Kemenparekraf selama satu bulan dan menjadi nominasi di Malam Anugerah Festival Film Bulanan.

Baca juga: Masak Jadi Lebih Mudah Menggunakan 7 Perkakas Dapur Bolde

"Ayo, ikut Festival Film Bulanan dan jadi sineas kebanggaan. Saatnya tunjukkan eksistensi, sampai jumpa di malam puncak nanti. Karena Mahakarya akan selalu menemukan jalannya…," tutur Sandiaga.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)