Kerap Serang Anak-Anak, Bunda Wajib Waspadai 3 Jenis Kanker Ini

Selasa, 06 September 2022 - 20:02 WIB
loading...
Kerap Serang Anak-Anak, Bunda Wajib Waspadai 3 Jenis Kanker Ini
Kanker merupakan salah satu penyakit tidak menular, namun dapat tumbuh paling cepat dan tidak luput menyerang anak kecil. / Foto: ilustrasi/mamamia.com.au
A A A
JAKARTA - Kanker merupakan salah satu penyakit tidak menular, namun dapat tumbuh paling cepat, dan tidak jarang menyerang anak kecil.

Jenis kanker yang menyerang anak-anak berbeda dengan dialami orang dewasa. Bukan karena gaya hidup atau faktor lingkungan. Hal itu karena sebuah perubahan DNA awal yang diketahui menyebabkan kanker pada anak-anak.

Sebagaimana dilansir laman Times of India, berikut jenis tumor yang sering menyerang anak-anak .

Baca juga: Fitofarmaka Makin Populer, Kemenkes Dorong Penelitian dan Pengembangan Obat Herbal

1. Tumor Otak

Bentuk kanker kedua yang paling sering terlihat adalah tumor otak, terlihat pada lebih dari 20 persen kasus. Gejala dan tanda tumor otak bervariasi tergantung pada lokasi tumor berada, atau penyebaran cairan serebrospinal yang menyebabkan penyakit tersebut.

Sakit kepala tetap menjadi salah satu tanda infeksi yang paling khas. Beberapa anak juga menderita mual kronis yang terus-menerus, terutama di pagi hari, yang seharusnya menjadi tanda kekhawatiran lain yang harus diperhatikan orang tua.

2. Tumor Wilms

Tumor Wilms atau kanker ginjal langka adalah kanker lain yang biasa menyerang kepada anak-anak. Hal itu juga sesuatu yang diambil secara tidak biasa, dan tidak memiliki tanda-tanda yang spesifik.

Hal ini ditandai jika anak Anda mengeluarkan darah melalui urine atau tinja, maka segeralah periksa ke dokter untuk memastikan, apakah anak diserang tumor atau ada kelainan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)