Cara Mudah Sourcing Barang dari China End to End Secara Online

Selasa, 06 September 2022 - 20:31 WIB
loading...
Cara Mudah Sourcing Barang dari China End to End Secara Online
Foto: doc. Sindonews
A A A
JAKARTA - Penasaran bagaimana cara sourcing barang dari China bagi pemula karena tergiur dengan harga murah dan ingin menjualnya kembali dengan keuntungan yang besar? Kamu dapat mengimpor barang dengan memanfaatkan marketplace terkenal dan terpercaya di China seperti Alibaba, Taobao dan 1688.

Sebelum bertransaksi kamu harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum melakukan import barang dari China. Seperti menentukan sistem perdagangan harga ecer atau grosir, mengurus pemberkasan dokumen seperti asuransi, kepabeanan. Dan wajib mengetahui sistem pembayaran dan jenis pengiriman.

Terkadang, biaya pengiriman yang cukup mahal menjadi faktor utama yang harus dipikirkan terlebih dahulu. Kamu harus menyortir jasa pengiriman dan mempelajari term of trade.

Pihak jasa dan pengangkut akan memberikan biaya yang harus dibayarkan sesuai dengan ukuran dan berat barang yang akan dikirim. Pilihan jasa ekspedisi seperti Fedex, DHL, dan EMS (Express Mall Service). Untuk pengiriman ke Indonesia, sebaiknya kamu memilih jasa EMS atau DHL.

Biaya dan Pilihan Sistem Pengiriman
Ada tiga jenis pengiriman yang bisa kamu pilih sebagai alternatif pilihan sistem pengiriman, yaitu:

● Ocean Freight
Jalan ini dipilih jika kamu memilih jalur laut. Kamu bisa menggunakan cara ini bila kamu membeli barang dengan jumlah yang cukup banyak dengan perkiraan waktunya bisa mencapai kurang lebih 30 hari.

Air Freight
Jalan ini dipilih kalau kamu pakai jalur udara. Umumnya, jumlah barang yang dipilih kecil atau sedikit, jalur udara pilihan yang paling tepat dan cepat. Selain cepat, umumnya lebih aman karena tidak khawatir terselip mengingat hanya sedikit. Jalur udara terhitung lebih cepat, dengan estimasi kurang lebih 14 hari.

●Jalur darat
Jalan darat ini jarang sekali dilakukan. Jalur ini biasanya digunakan setelah barang hampir tiba di tempat tujuan yang merupakan hasil kombinasi dari pengiriman laut dan udara.

Cara Sourcing Barang dari China Secara Online
Dengan semakin berkembang pesatnya bertransaksi secara digital kamu dapat memanfaatkan marketplace atau e-commerce. Kamu dapat pesan barang apa yang ingin di import dari supplier secara online.

Cukup dengan scroll marketplace atau e-commerce di China. Selain itu kamu dapat menentukan berapa banyak produk yang akan diimpor baik eceran atau grosir dalam jumlah banyak. Berikut cara sourcing barang dari marketplace di China.

1. Marketplace Alibaba
Alibaba.com merupakan layanan e-commerce yang didirikan Jack Ma sejak tahun 1999 yang merupakan orang terkaya kelima di China. Melansir dari laman Forbes, kekayaan Jack Ma mencapai USD 41.4 miliar, atau setara dengan Rp 588 triliun (kurs Rp 14.193).

● Memiliki Akun Alibaba
Pastikan kamu membuat Akun Alibaba di laman alibaba.com terlebih dulu untuk memudahkan proses transaksimu.

● Cari Produk yang Diinginkan
Carilah barang atau produk yang diinginkan dan pilah toko terpercaya.

● Kontak Seller China
Menghubungi seller untuk mengorder barang memanfaatkan fitur live chat dan tanyakan beberapa hal penting kepada penjual seperti jumlah barang, metode pengiriman, biaya pengiriman hingga cara pembayaran.

● Pilih Ekspedisi
Pilihan jasa ekspedisi seperti Fedex, DHL, dan EMS (Express Mall Service).

●Proses Pembayaran
Proses membayar transaksi bisa dilakukan melalui paypal atau western union yang bisa dilayani di Alfamart, POS Indonesia, Pegadaian dan Indomaret.

● Barang Tiba
Menunggu Barang Sampai di Rumah mulai dari 14-30 hari.

2. Marketplace Taobao
Taobao.com tidak ada minimal order. Bisa membeli satuan dan sebagian besar itu juga ada gratis biaya pengiriman. Dari alamat penjual atau domestik China ke gudang Chipo yang ada di China. Kamu dapat membeli barang dari Taobao dengan harga satuan atau juga ritel. Yang menjadi situs ini menarik adalah karena situs ini menjual barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan marketplace lain.

3. Marketplace 1688
Untuk di 1688.com, produknya langsung dari pemasok, kemudian jika membeli semakin banyak produk maka harganya akan semakin murah. Kemudian juga di marketplace 1688.com itu ada minimal order. Biasanya dalam satu toko minimal pembeliannya dua sampai tiga buah. Namun, jika kita lebih jeli, kita akan mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan yang lainnya.

● Membuat akun di situs 1688.com

● Cari produk yang diinginkan dan lihat bagaimana detail produk tersebut. Jika membeli barang dalam jumlah yang banyak harga yang dikeluarkan jauh lebih murah.

● Selanjutnya, klik "order now" untuk pemesanan dan melanjutkan pembayaran. Kamu dapat melihat detail order, pesan dari seller dan rincian ongkir.

● Lakukan pembayaran melalui akun Alipay.

● Jika sudah maka Kamu bisa menunggu barang sampai ke tempat Kamu.

4. Marketplace Caribarang.id
Jika merasa ragu untuk membeli barang langsung dari website di China, dapat juga melakukan sourcing barang di China melalui platform asli Indonesia yakni Caribarang.id. Caribarang.id merupakan platform sourcing barang dari China end to end terbaik saat ini. Caribarang.id menyediakan layanan yang memudahkan dalam berbelanja grosir dari China semudah berbelanja lokal.

Cara mudah membeli barang China di Caribarang.id

● Pencarian Produk
Caribarang.id akan membantu Anda dalam mencari dan merekomendasikan produk pilihan yang profitable.

● Pembelian
Proses pembelian akan dibantu oleh Tim profesional dengan keahlian berbahasa Mandarin yang akan berkomunikasi langsung dengan supplier di China.

● Pembayaran
Harga akan dihitung sampai alamat tujuan dan dilakukan dengan transparan.

● Pengiriman
Demi kenyamanan dan keamanan Anda dalam berbelanja, Caribarang.id bermitra dengan jasa logistik terbaik untuk pengiriman barang dari China-Indonesia.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu yang sedang mencari cara sourcing barang dari China dengan marketplace terpercaya dan aman.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)