10 Gejala HIV pada Wanita yang Sering Diabaikan, Kenali dan Waspada

Rabu, 07 September 2022 - 15:35 WIB
loading...
10 Gejala HIV pada Wanita yang Sering Diabaikan, Kenali dan Waspada
Gejala HIV pada wanita sering diabaikan. Padahal, kasus HIV banyak ditemukan pada wanita. Kebanyakan kasus HIV pada wanita akibat pasangan prianya. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Gejala HIV pada wanita sering diabaikan. Padahal, kasus HIV banyak ditemukan pada wanita. Kebanyakan kasus HIV pada wanita akibat pasangan prianya. Karena itu, penting untuk mengenali gejala HIV.

Penularan HIV pada wanita bukan hanya akibat pasangan pria yang memiliki aktivitas seksual tidak sehat, tapi juga karena pemakaian narkoba jarum suntik. Angka kasusnya tidak kalah tinggi dari penularan akibat seks dengan pria yang terinfeksi HIV namun tidak mengakuinya.

Dilansir dari Illinois Department of Public Health, Rabu (7/9/2022) kebanyakan kasus HIV pada wanita tidak menyadari gejala awal. Sebab, tanda-tanda HIV di fase awal tidak jauh berbeda dengan penyakit flu. Seperti halnya demam, sakit kepala, kelelahan, dan pembesaran kelenjar getah bening.

Gejala awal HIV biasanya muncul satu atau dua bulan setelah tubuh diserang virus HIV. Gejala awal biasanya sembuh dalam seminggu atau sebulan setelah gejala pertama muncul. Hal tersebut membuat banyak penderita HIV tidak melakukan tindakan lebih lanjut untuk mencegah virus bereplikasi di dalam tubuh.

Baca Juga: HIV Bisa Dicegah dengan Asupan dan Vitamin? Ini Penjelasan IDAI

Sampai akhirnya gejala HIV lebih serius muncul. Ini terjadi akibat kekebalan tubuh sudah sangat memburuk. Pada dasarnya, gejala HIV pada wanita dan pria tidak jauh berbeda. Namun, pada perempuan biasanya gejala HIV muncul juga di sekitar vagina, bahkan sampai menyebabkan penyakit menular seksual.

Berikut daftar 10 gejala HIV pada wanita.

1. Kelelahan berkepanjangan

2. Berat badan turun drastis

3. Sering demam dan berkeringat di malam hari

4. Infeksi jamur di mulut
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3468 seconds (11.210#12.26)