3 Bahan Alami yang Dapat Menurunkan Darah Tinggi, Nomor 2 Mudah Ditemukan

Jum'at, 09 September 2022 - 06:31 WIB
loading...
3 Bahan Alami yang Dapat Menurunkan Darah Tinggi, Nomor 2 Mudah Ditemukan
Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa mengancam kesehatan jantung dan anggota tubuh lainnya. / Foto: ilustrasi/freepik.com
A A A
JAKARTA - Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa mengancam kesehatan jantung dan anggota tubuh lainnya.

Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia, dr. Erwinanto, Sp. JP(K), FIHA mengatakan, seseorang menderita hipertensi dan tidak dikontrol akan menjadi kontributor tunggal yang utama untuk penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

"Setiap peningkatan darah 20/10 mm Hg akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner 2 kali lebih tinggi," terangnya pada konferensi pers virtual Hari Hipertensi Sedunia, beberapa waktu lalu.

Baca juga: 4 Seafood Pantangan Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari Meski Lezat

Tak heran bagi penyandang hipertensi terdapat beberapa pantangan, khususnya ketika memilih makanan. Namun ada beberapa herbal yang baik untuk Anda yang memiliki darah tinggi, seperti dilansir laman Health Line.

1. Basil

Basil (ocimum basilicum) adalah jenis daun ramuan beraroma khas, yang tersedia dalam berbagai bentuk. Daun ini populer sebagai pengobatan alternatif, karena memiliki senyawa kuat.

Basil manis mengandung eugenol tinggi. Penelitian telah mengaitkan antioksidan nabati ini dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi menunjukkan bahwa eugenol dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami.

2. Bawang Putih
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)