BKGN 2022 Momentum Tingkatkan Kesadaran Masyarakat untuk Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Selasa, 13 September 2022 - 05:26 WIB
loading...
BKGN 2022 Momentum Tingkatkan Kesadaran Masyarakat untuk Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut
BKGN 2022 menyoroti isu pentingnya memulihkan kebiasaan menyikat gigi pagi dan malam hari, serta rutin berkonsultasi ke dokter gigi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Brand Pepsodent bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI), serta Kementerian Kesehatan meresmikan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2022 di Gelora Bung Karno Jakarta pada Senin (12/9/2022).

Mengangkat tema Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia, BKGN 2022 menyoroti isu pentingnya memulihkan kebiasaan menyikat gigi pagi dan malam hari, serta rutin berkonsultasi ke dokter gigi, yang mengalami penurunan selama pandemi.

Acara peresmian yang turut disaksikan Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara daring ini diramaikan oleh lebih dari 500 siswa SD di Jabodetabek dan ribuan siswa yang berasal dari 210 kota/kabupaten di berbagai wilayah Indonesia untuk melakukan kegiatan sikat gigi bersama secara langsung maupun virtual, sebagai simbol komitmen meningkatkan kebiasaan merawat kesehatan gigi dan mulut dengan tepat.

“Kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk dijaga terutama di masa anak-anak, sehingga ketika tua gigi tetap dalam kondisi yang baik. Terlebih lagi, kondisi gigi dan mulut ini berdampak pada asupan gizi anak. Kalau gigi dan mulut tidak sehat, maka asupan gizinya jadi berkurang dan akhirnya kondisi kesehatan bisa menurun," papar Menkes Budi dalam sambutannya.

Sementara itu, dukungan Pepsodent produksi PT Unilever Indonesia dalam kegiatan BKGN merupakan wujud nyata dari salah satu pilar strategi ‘The Unilever Compass’, yakni meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

"Di pelaksanaannya yang ke-13 ini, kami percaya dengan kolaborasi berbagai pihak BKGN 2022 akan semakin memperkuat konsistensi Pepsodent dalam melindungi senyum Indonesia," kata Ainul Yaqin, Personal Care Director PT Unilever Indonesia, Tbk.

Terkait BKGN 2022, Pepsodent bersama PDGI, AFDOKGI, dan ARSGMPI juga telah menghadirkan berbagai program untuk terus melindungi kesehatan gigi dan mulut masyarakat, sekaligus mendukung pemerintah dalam mentransformasi sistem kesehatan di Indonesia. Salah satu inovasi terbesarnya adalah pemanfaatan teknologi digital melalui layanan teledentistry “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent”. Layanan yang dilengkapi fitur video call ini didukung oleh dokter gigi dari 28 Fakultas Kedokteran Gigi dan 107 PDGI cabang.

BKGN adalah program tahunan yang digelar Pepsodent dan seluruh mitranya sejak 12 September 2010, yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Kesehatan Gigi Nasional oleh Kemenkes di tahun 2011.

Tahun ini BKGN memberikan perawatan gigi gratis di 28 FKG dan RSGM yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia hingga Desember 2022.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)