Musim Hujan Segera Tiba, IDI Imbau Waspadai 3 Penyakit Ini

Minggu, 18 September 2022 - 09:39 WIB
loading...
Musim Hujan Segera Tiba, IDI Imbau Waspadai 3 Penyakit Ini
Dokter Spesialis Paru dan Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Erlina Burhan menghimbau masyarakat untuk mewaspadai tiga penyakit yang biasa muncul saat musim hujan. Foto/Ilustrasi/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Dokter Spesialis Paru dan Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Erlina Burhan menghimbau masyarakat untuk mewaspadai tiga penyakit yang biasa muncul saat musim hujan.

Menurutnya, ada tiga penyakit yang biasa menjangkiti masyarakat saat musim penghujan yakni:

* Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)
* Batuk bronkitis
* Asma

Lebih lanjut, ia menjelaskan cuaca seperti ini paling banyak penyakit yang dikeluhkan masyarakat adalah ISPA dan bronkitis.

"Biasanya banyak ISPA, bronkitis, dan Asma. Cuaca seperti ini itu bisa menjadi pemicu mulailah batuk mulai juga kalau asma," ujar dr Erlina Burhan dalam Webinar Vaksinasi Booster di Gedung Astrazeneca, Kamis 15 September 2022.

Baca Juga: IDI Makassar Imbau Waspadai Aneka Penyakit di Musim Hujan

Dalam pencegahannya, dr Erlina mengungkap ada tiga langkah yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi gizi seimbang, istirahat, dan kelola stres.

Sebagaimana dijelaskannya, ketika musim hujan segala aktivitas tetap berjalan, sehingga perlu menjaga sistem imun. Hal itu bisa didapatkan dengan pola makan yang sehat, serta tidak melupakan istirahat yang cukup.

"Jadi kalau musim hujan tiba, supaya kita tidak sakit, pertama kita bisa menghindari hujan. Bukan kita menghindar tapi pertahanan tubuh kita yang diperkuat," ungkapnya.

Dalam memperkuat sistem imun tubuh adalah dengan gizi yang baik, seimbang dan istirahat yang cukup.

"Karena kalau istirahatnya tidak cukup maka sistem imun turun. Stres juga harus dikelola," pungkasnya.
(hri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1506 seconds (11.210#12.26)