Dukung UMKM Dapat Tumbuh Berkelanjutan di Era Digital

Sabtu, 17 September 2022 - 16:06 WIB
loading...
Dukung UMKM Dapat Tumbuh Berkelanjutan di Era Digital
Dengan adanya digitalisasi, maka sudah selayaknya UMKM menjadi prioritas. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - UMKM menjadi penyokong terbesar dalam ekonomi Indonesia dengan sumbangsih sebesar 60%. Dengan adanya digitalisasi, maka sudah selayaknya UMKM menjadi prioritas.

Digitalisasi UMKM memberikan banyak keuntungan berupa efisiennya penggunaan sumber daya dan modal, meminimalisir biaya dan waktu, serta kemudahan dalam pengawasan. Salah satu proses perkembangan UMKM ke era digital adalah dengan penggunaan mesin kasir sebagai sistem pengelolaan transaksi.

Pada 2022, jumlah pelaku UMKM diperkirakan tembus di angka 62 juta dan akan terus bertambah. Berkembangnya Industri dan UMKM mendorong Codeshop Indonesia berupaya untuk menjadi partner terbaik dalam menyediakan perlengkapan mesin kasir.

Baca juga: Jeje Slebew Ngaku Belum Siap Terkenal saat Ngamuk di Tengah Kerumunan

Sistem alat kasir dapat menunjang kinerja bisnis yang lebih efektif, menghemat waktu data entry, menutup celah kecurangan hingga meminimalisir kesalahan. Namun sayangnya, tidak semua pemilik bisnis dapat mengindentifikasi kebutuhan tersebut.

Alat kasir selama ini hanya dikenal untuk industri atau perusahaan besar seperti di bidang retail. Pun sebenarnya alat kasir dapat digunakan berbagai jenis/bidang bisnis seperti manufaktur, hospitality, perhotelan dan pariwisata hingga MICE.

"Saat ini kami memang berfokus untuk membantu enterpreneur terutama UMKM, agar dapat menciptakan usaha yang tumbuh berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi identifikasi data," ungkap Direktur Codeshop Indonesia, Benny Kuncoro dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

Menurutnya, merapikan manajerial bisnis secara digital adalah cara terbaik bisnis UMKM bertahan dan tumbuh. UMKM seringkali mengabaikan manajerial, sesimpel mencampuradukkan keungan bisnis dan keuangan pribadi.

Baca juga: Meski Jalani Wamil, Day6 Tetap Akan Tampil di Immortal Songs

Codeshop Indonesia terus mendukung dan mendorong UMKM untuk berkembang ke pasar digital. Codeshop Indonesia siap membagikan transfer ilmu guna ikut andil dalam memberikan pengetahuan lebih kepada khalayak terutama pelaku UMKM.
(nug)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1880 seconds (10.101#12.26)