Ikan yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Sebaiknya Dihindari

Senin, 19 September 2022 - 07:00 WIB
loading...
Ikan yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Sebaiknya Dihindari
Ikan yang mengandung kolesterol tinggi sebaiknya dihindari. Para peneliti memperingatkan beberapa jenis ikan mengandung jumlah kolesterol yang sangat tinggi. Foto/Express
A A A
JAKARTA - Ikan yang mengandung kolesterol tinggi sebaiknya dihindari. Para peneliti memperingatkan beberapa jenis ikan mengandung jumlah kolesterol yang sangat tinggi. Ikan adalah salah satu makanan sehat karena melindungi dari beberapa masalah kesehatan. Namun, tidak semua jenis ikan memiliki nilai gizi yang sama.

Untuk menghindari peningkatan kolesterol, cumi-cumi sebaiknya disajikan sendiri, karena mengandung kolesterol makanan dalam jumlah tinggi. Cumi-cumi adalah salah satu ikan dengan kolesterol tinggi.

Dilansir dari Express, Senin (19/9/2022) dengan porsi empat ons, ikan mengandung 169 persen kolesterol dari nilai harian yang direkomendasikan “Cumi mengandung jumlah kolesterol tertinggi per satuan berat di antara berbagai makanan laut,” kata Medicinet.

University of California merekomendasikan siapa saja yang tidak berisiko terkena penyakit jantung untuk makan kurang dari 300 miligram kolesterol setiap hari. Sementara satu porsi atau empat ons cumi mengandung 507 miligram kolesterol.

Baca Juga: 5 Obat Kolesterol Tinggi Paling Ampuh yang Biasa Diresepkan Dokter

Meskipun kandungan kolesterolnya tinggi, cumi yang disajikan saja sudah cukup sehat karena kandungan lemak jenuhnya yang rendah. Lemak jenuh dan lemak trans tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi.

Orang yang ingin mengurangi kadar kolesterol dapat menghindari cumi yang diolah dengan tepung yang dapat meningkatkan kadar lipid. Meski kadar kolesterolnya tinggi, WebMD menjelaskan bahwa risiko kesehatan utama cumi dan kerang berasal dari kadar merkuri dan alerginya.

Terlebih lagi, cumi mengandung bahan lain, termasuk DHA yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan detak jantung saat istirahat. Nutrisi sehat lainnya dalam waktu singkat adalah vitamin B12, potasium, zat besi, fosfor dan tembaga, yang bersama-sama meningkatkan sel darah.

Meskipun pengobatan menawarkan penurunan kadar kolesterol dalam darah yang menjanjikan, beberapa tambahan makanan mungkin juga efektif. Makanan nabati mengandung serat, yang membantu menurunkan kolesterol darah dengan mencegahnya diserap di usus.

Baca Juga: 4 Vitamin Penurun Kolesterol Tinggi di Apotek, Jangan Asal Beli!

Makanan ini juga mengandung vitamin dan mineral dan senyawa bermanfaat lainnya. Seperti nitrat dalam sayuran hijau tua, yang membantu mengurangi tekanan darah.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1944 seconds (11.210#12.26)