alexametrics

Studi: Punya Anak Banyak Seperti Zaskia Mecca Bisa Bikin Panjang Umur

loading...
Studi: Punya Anak Banyak Seperti Zaskia Mecca Bisa Bikin Panjang Umur
Memiliki banyak anak seperti pasangan Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo dipercaya bisa membuat seorang ibu panjang umur. Hal ini berdasarkan studi di Australia. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Memiliki banyak anak seperti pasangan selebriti Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo dipercaya bisa membuat seorang ibu panjang umur. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas New South Wales.

Para ahli menemukan bahwa semakin banyak anak yang dimiliki, semakin tinggi usia harapan hidupnya. Penelitian ini melibatkan sekelompok besar orang Australia yang lebih tua untuk mengetahui bagaimana ketidakhadiran atau kehadiran anak-anak (dan jumlah mereka) memengaruhi harapan hidup wanita.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memiliki 2 anak memiliki risiko kematian 17% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki anak. Wanita dengan 3 anak menunjukkan risiko kematian yang lebih rendah yaitu 20% lebih sedikit, dan pola ini berlanjut dengan jumlah anak yang lebih besar.

Dilansir Brightside, salah satu teori menunjukkan bahwa melahirkan banyak anak memperlambat penuaan sel. Sementara, studi yang dilakukan oleh tim ahli dari Simon Fraser University di Kanada telah menunjukkan bahwa wanita yang memiliki banyak anak lebih cenderung untuk memperlambat proses penuaan sel.



Profesor ilmu kesehatan, Pablo Nepomnaschy dan peneliti postdoctoral, Cindy Barha mempelajari wanita dari Guatemala yang menunjukkan tanda-tanda umur panjang. Para ilmuwan percaya bahwa fenomena ini terkait dengan peningkatan dramatis dalam estrogen yang dialami oleh ibu banyak anak.

"Estrogen berfungsi sebagai antioksidan kuat yang melindungi sel terhadap pemendekan telomer," kata Nepomnaschy. (Baca juga: Lahirkan Anak Kelima, Zaskia Mecca: Alhamdulillah Berjalan Lancar).



Nepomnaschy menyebutkan alasan lain ibu banyak anak panjang umur. Dia percaya bahwa konteks sosial yang dijalani ibu juga bisa membuat perbedaan. Ibu banyak anak umumnya menerima lebih banyak dukungan dari teman dan keluarga mereka yang secara positif mempengaruhi keadaan fisik dan emosional mereka.

"Dukungan yang lebih besar mengarah pada peningkatan jumlah energi metabolik yang dapat dialokasikan untuk pemeliharaan hubungan, sehingga memperlambat proses penuaan," jelasnya.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak