Sama-sama Kaldu, Apa Bedanya Stock dan Broth?

Jum'at, 03 Juli 2020 - 17:31 WIB
loading...
Sama-sama Kaldu, Apa Bedanya Stock dan Broth?
Stock atau broth adalah kaldu yang didapat dari rebusan daging dan jadi bahan paling penting untuk kelezatan masakan. Tapi, apa perbedaan keduanya? Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Stock atau broth adalah kaldu yang didapat dari rebusan daging. Stock dan broth merupakan dua bahan paling penting dan menjadi rahasia untuk kelezatan masakan. Tapi, apa perbedaan di antara kedua kaldu ini dan kapan harus menggunakan masing-masing kaldu untuk memasak?

Dilansir Pink Villa, stock adalah cairan beraroma yang diperoleh dari rebusan tulang yang mendidih. Beberapa sayuran aromatik seperti bawang, seledri, wortel juga diberikan dengan beberapa bumbu segar dan lada hitam. Bahan utama stock adalah tulang dan memasaknya hingga mendidih adalah untuk mengekstrak kolagen dan memecahnya menjadi gelatin.

Gelatin adalah hal utama dari stock yang baik. Jika stock menjadi menggumpal setelah pendinginan maka itu adalah stock yang bagus dan bisa menambah rasa pada saus dan sup.

Sedangkan, broth adalah cairan beraroma yang diperoleh dengan mendidihkan daging tanpa tulang dengan sayuran. Broth berbeda dengan stock, sebab broth tidak memiliki tulang, jadi tidak perlu mengeluarkan kolagen. Karenanya proses pembuatan broth umumnya membutuhkan waktu lebih singkat daripada stock.

Menggunakan stock atau broth benar-benar tergantung pada resep yang Anda buat. Jika Anda memasak sup atau sup mie, maka lebih baik menggunakan broth untuk konsistensi kuahnya yang cair. (Baca juga: Lima Resep Pisang yang Nikmat dan Mudah Dibuat di Rumah ).

Tetapi jika Anda menyiapkan saus apa pun atau ingin memberikan konsistensi yang kental pada hidangan Anda, menambahkan stock akan menjadi pilihan terbaik untuk Anda.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)