Berperan Penting Menjaga Tubuh, Begini Cara Melindungi Skin Barrier

Minggu, 25 September 2022 - 05:06 WIB
loading...
Berperan Penting Menjaga Tubuh, Begini Cara Melindungi Skin Barrier
. Lingkungan yang berpolutan seringkali menjadi penyebab kerusakan skin barrier. / Foto: ilustrasi/freepik.com
A A A
JAKARTA - Skin barrier memilik fungsi melindungi tubuh dari radikal bebas. Lingkungan yang berpolutan seringkali menjadi penyebab kerusakan. Jaga skin barrier tetap terlindungi dengan menggunakan minyak, ceramide, dan banyak lagi.

Apa skin barrier dan apa fungsinya?

Kulit terdiri dari lapisan yang masing-masing melakukan fungsi penting dalam melindungi tubuh .

Baca juga: Kemampuan Akting Makin Terasah, Harry Styles Dilirik Legenda Broadway

Lapisan terluar yang disebut stratum korneum sering digambarkan sebagai dinding bata. Bagian ini terdiri dari sel-sel kulit keras yang disebut corneocytes yang terikat bersama lipid seperti mortar. Inilah bagian dari skin barrier. Di dalam sel kulit, atau 'batu bata' ditemukan keratin dan pelembab alami.

Lapisan lipid mengandung, kolesterol, asam lemak, dan ceramide. Tanpa dinding bata tersebut, berbagai racun dan patogen lingkungan yang berbahaya dapat menembus kulit Anda dan menyebabkan efek buruk di dalam tubuh.

Selain itu, tanpa skin barrier, air di dalam tubuh akan keluar dan menguap, serta membuat dehidrasi. Skin barrier sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan perlu dilindungi untuk membantu tubuh agar berfungsi dengan baik.

Apa yang dapat merusak skin barrier?

Setiap hari, kulit bertahan melawan rentetan ancaman, banyak di antaranya datang dari luar tubuh, tetapi juga dari dalam.

Beberapa faktor eksternal dan internal yang dapat mempengaruhi skin barrier meliputi lingkungan yang terlalu lembab atau terlalu kering, alergen, iritan, dan polutan terlalu banyak terkena sinar matahari, deterjen dan sabun alkali, paparan bahan kimia keras, over-exfoliation atau over-washing, steroid, tekanan psikologis.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1803 seconds (11.97#12.26)