5 Olahan Daging Sapi Ini Bisa Disimpan Lama

Senin, 27 April 2020 - 23:30 WIB
loading...
5 Olahan Daging Sapi Ini Bisa Disimpan Lama
Meskipun tekstur rendang tidak sekering abon atau dendeng, namun karena dimasak dalam waktu yang lama, maka bisa awet dalam jangka waktu lama pula. Foto-Foto/Endeus.tv
A A A
JAKARTA - Biasanya ketika pasokan daging melimpah, sebagian orang lebih memilih untuk memasaknya sekaligus daripada menyimpan daging mentah. Namun, ketika memasak daging dalam jumlah banyak, masakan apa yang cocok agar daging bisa awet dan tahan disimpan lama?

Di antara banyaknya olahan daging di ranah kuliner Indonesia, ada beberapa yang dapat disimpan dalam waktu cukup lama. Berikut ini beberapa di antaranya, seperti dikutip dari laman Endeustv.

1. Abon

5 Olahan Daging Sapi Ini Bisa Disimpan Lama


Abon adalah salah satu olahan daging kering, sehingga awet disimpan dalam waktu lama. Makanan satu ini menggunakan bahan dasar daging sapi yang dibumbui dan dimasak sedemikian rupa sehingga menjadi kering. Karena dimasak dalam waktu yang lama, tekstur daging menjadi seperti serabut dengan rasa gurih dan manis. Abon bisa disimpan dalam waktu yang lama, sekitar 6-12 bulan. Abon cocok disantap sebagai lauk ataupun untuk isi makanan dan kue-kue.

2. Dendeng
Olahan daging yang juga awet adalah dendeng. Makanan satu ini berbahan dasar daging sapi yang diiris tipis, kemudian dijemur hingga kering. Dendeng bisa awet dalam waktu yang lama karena setelah dibumbui, daging dijemur hingga kering lalu digoreng hingga matang. Ada pula yang dijual dalam bentuk kering yang dikemas menggunakan plastik kedap udara, kemudian menggorengnya di rumah. Variasi dendeng di Indonesia ada banyak seperti dendeng manis, dendeng pedas, dan sebagainya.

3. Rendang
Rendang salah satu olahan daging yang terkenal awet. Meskipun tekstur rendang tidak sekering abon atau dendeng, namun karena rendang dimasak dalam waktu yang lama, maka bisa awet dalam jangka waktu lama. Makanan satu ini membutuhkan setidaknya lebih dari delapan jam untuk membuatnya sehingga daging benar-benar empuk dan bumbu meresap dengan sempurna. Karena proses pemasakan yang lama, rendang menjadi tahan lama bahkan bisa digunakan sebagai bekal jika berlibur atau saat bepergian jarak jauh.

4. Empal

5 Olahan Daging Sapi Ini Bisa Disimpan Lama


Salah satu olahan daging yang juga bisa awet dalam waktu lama adalah empal. Sekilas makanan satu ini mirip dengan dendeng, namun empal tidak melalui proses penjemuran. Daging untuk empal juga diiris tipis, kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu. Setelah itu, daging digoreng hingga kering. Tekstur daging yang agak kering ini membuat empal tahan lama dan tidak mudah basi.

5. Serundeng
Serundeng adalah makanan berbahan daging dan kelapa, yang dimasak dalam waktu lama hingga kering. Kelapa yang digunakan untuk serundeng harus dimasak sampai benar-benar kering sehingga tidak cepat rusak ataupun basi. Dengan demikian daging juga bisa awet dalam waktu yang lama.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)