FISIP UI-Perempuan Berkebaya Indonesia Kolaborasi Hadirkan Kebaya Goes To Campus melalui Ajang Baur Seni

Minggu, 02 Oktober 2022 - 11:29 WIB
loading...
FISIP UI-Perempuan Berkebaya Indonesia Kolaborasi Hadirkan Kebaya Goes To Campus melalui Ajang Baur Seni
Kebaya Goes To Campus digelar diawali dari kampus UI dan akan berlanjut ke kampus-kampus yang ada di Jabodetabek. Foto/SINDOnews/MG/Andini Deffa Sudjatmiko
A A A
JAKARTA - Departemen Seni Budaya BEM FISIP UI 2022 kembali menggelar acara Baur Seni edisi ke-11. Baur Seni ini hadir sebagai wadah bagi para mahasiswa FISIP UI untuk mengekspresikan diri melalui karya seni.

Tema yang diangkat dalam acara Baur Seni XI yaitu, Haru Baru. Pada perhelatan ke-11 ini, Baur Seni membawa banyak kegiatan baru dengan adanya kolaborasi bersama Perempuan Berkebaya Indonesia dan Gerakan Angkatan FISIP UI 2022.

“Gerakan berkebaya perlu dipublikasikan untuk gen Z. Kebaya Goes To Campus ini diawali dari kampus UI dan akan berlanjut ke kampus-kampus yang ada di Jabodetabek. Acara Kebaya Goes To Campus bertujuan untuk memperkenalkan kebaya dari generasi ke generasi,” kata perwakilan Perempuan Berkebaya Indonesia Sitawati Ken Utami.

Kegiatan Baur Seni XI yang dilaksanakan pada Jumat (30/9/2022) lalu di Gedung Balai Purnomo FISIP UI Depok menampilkan antara lain fashion show, flashmob, pembacaan puisi, tutorial berkain, pembagian doorprize, serta free jamming.

Menurut Dekan FISIP UI Prof Dr. Semiarto Aji Purwanto M.Si, batik ataupun kebaya sebaiknya digunakan dalam keseharian guna makin mempopulerkan wastra Nusantara tersebut.

"Tidak ada hari kebaya atau batik, karena kebaya atau batik boleh dikenakan setiap hari,” kata Semiarto Aji Purwanto.

Pada kesempatan yang sama juga digulirkan pembahasan mengenai kebaya yang akan dibawa ke UNESCO yaitu Kebaya Kartini, Kebaya Kutu Baru, Kebaya Perancang yang dikenal sebagai kebaya encim, dan Kebaya Noni yang dipengaruhi oleh Belanda dan biasanya berwarna putih. MG/Andini Deffa Sudjatmiko
(tsa)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1386 seconds (10.55#12.26)