Hari Batik Nasional 2022, YBI Ajak Sebarkan Kabar Baik Melalui Batik

Minggu, 02 Oktober 2022 - 21:52 WIB
loading...
Hari Batik Nasional 2022, YBI Ajak Sebarkan Kabar Baik Melalui Batik
Yayasan Batik Indonesia (YBI) kembali menggelar serangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2022. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Yayasan Batik Indonesia (YBI) kembali menggelar serangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2022 . Seperti diketahui, Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober setiap tahunnya, sejak UNESCO secara resmi menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity) milik Indonesia.

Selain itu, setelah dianugerahi lisensi sebagai anggota Non-Governmental Organization (NGO) - The United Nations Educational Scientific and Cultural Education (UNESCO) No. 90487, YBI seiring dengan program UNESCO turut serta mengembangkan visi misi program budaya. Salah satunya dengan mengadakan kampanye sebarkan Kabar Ba(t)ik melalui suara komunitas, figur pecinta batik, dan kegiatan mempromosikan busana batik di Indonesia.

Turut hadir dalam acara peringatan Hari Batik Nasional hari ini (2/10/2022) di Mall FX Senayan, Jakarta, Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita, Ketua Umum YBI Gita Pratama, Ketua Pelaksana Hari Batik Nasional 2022 Nini Djan Faridz dan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar serta sejumlah tamu-tamu undangan lainnya.

“Sudah 13 tahun sejak Batik ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia dan dalam rentang waktu tersebut, ada hal yang kemudian menjadi perhatian kami, khususnya teman – teman dari YBI bahwa batik kerap dipandang sebagai busana formal, kaku, sehingga penggunaannya hanya pada waktu – waktu tertentu saja. Kesan yang melekat pada batik inilah yang coba ingin kami ubah, tentunya tanpa mengesampingkan sejarah, filosofi, dan nilai luhur dari batik tersebut," kata Gita.

Mengusung tema Sebarkan Kabar Ba(t)ik, YBI melalui rangkaian acara Hari Batik Nasional bermaksud untuk menyebarkan kabar baik, menyebarkan pandangan baru kepada masyarakat, bahwa batik tidak melulu tentang kegiatan formal, tetapi batik juga bisa dan nyaman untuk dikenakan dalam beragam situasi termasuk kegiatan sehari-hari.

“Rangkaian Hari Batik Nasional dibuka mulai hari ini. Untuk memeriahkan acara, telah dibentangkan kain batik sepanjang 450 meter di railing lantai 2 Lobby FX Mall. Pada acara pembukaan yang sekaligus menjadi puncak acara Hari Batik Nasional tersebut, diisi dengan Batik Street Fashion Show di sepanjang Jalan Sudirman, tepatnya dimulai dari Bundaran Senayan dan berakhir di depan Mall FX," jelas Nini.

"Memanfaatkan lengangnya jalanan ibukota karena bertepatan dengan car free day, Batik Street Fashion Show turut dimeriahkan oleh kehadiran para influencer, dan rekan-rekan dari beberapa komunitas. Tidak tanggung-tanggung, kegiatan ini juga akan dicatat oleh MURI sebagai kategori Peragaan Busana Batik dengan Catwalk Terpanjang di CFD Sepanjang 600 meter," lanjutnya.



Rangkaian acara Hari Batik Nasional ini akan terus berlanjut hingga tanggal 9 Oktober 2022. Para pengunjung Mall FX yang ingin menambah koleksi batik dapat berbelanja di Pameran Batik yang diikuti oleh 27 perajin Industri Batik. Sementara itu, di tanggal yang sama, yaitu 2 Oktober 2022 hingga 9 Oktober 2022, di Plaza Indonesia, YBI juga mengadakan pameran batik koleksi milik YBI.

Sedangkan di sore harinya, YBI menggelar Fashion Show Busana Batik di Lamoda Cafe. Adapun rangkaian acara Hari Batik Nasional 2022 ini, akan diakhiri dengan Pameran Batik yang menampilkan 80 koleksi Batik Nitik di Museum Tekstil (Museum Seni), Jakarta Barat, mulai 12 Oktober 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)