Menikmati Jenang Gempol Khas Temanggung

Sabtu, 04 Juli 2020 - 14:29 WIB
loading...
A A A
Bukan hanya itu, Desa Wisata “Trah Aji” juga terkenal dengan keindahan alam yang ijo royo-royo. Terdapat sejumlah sendang, antara lain Sendang Sidhukun 1 dan 2, Sendang Lanangan, dan Sendang Wedokan.

Yang tak boleh dilewatkan, pengunjung mesti menikmati kuliner di pasar jajan tradisional yang diselenggarakan tiap Minggu Legi dan Pahing di Sendang Sidhukun 2. Wisatawan bisa outbound dan belajar membuat wayang welat, sebuah kreasi wayang dari bahan bambu limbah kerajinan keranjang tembakau.

“Paket wisata juga ada untuk seni budaya Desa Traji seperti tari dan wayang welat. Paket lain ada edukasi pertanian,” urai Sekretaris Desa (Carik) Traji, Karyanto. (Lihat videonya: Diduga Gunakan Ilmu Kebal, Pencuri Jadi Bulan-bulanan Warga)

Menurutnya, sebagai daya tarik andalan, Desa Traji juga menggelar acara tradisi tahunan seperti Nyadran dan Suran Traji. Tak berlebihan jika Suran Traji yang digelar pada malam Sura dilakukan secara khusyuk dan sakral.

Karyanto menceritakan, tradisi Suran Traji merupakan wujud rasa syukur warga atas segala limpahan rahmat dan air yang mencukupi kehidupan di desanya. (Ahmad Antoni)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)