Kopi Bisa Jadi Teman Jantung jika Dikonsumsi dengan Tepat

Rabu, 05 Oktober 2022 - 12:21 WIB
loading...
Kopi Bisa Jadi Teman Jantung jika Dikonsumsi dengan Tepat
Minuman kopi tidak selamanya menyebabkan gangguan jantung apabila dikonsumsi dengan tepat. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Minuman kopi tidak selamanya menyebabkan gangguan jantung. Pasalnya, apabila dikonsumsi dengan tepat, kopi bisa menjadi teman jantung.

Medical General Manager PT Kalbe Farma Tbk, dr. Dedyanto Henky Saputra, M.Gizi, AIFO-K, menyebutkan bahwa sebetulnya kopi masuk kategori minuman sehat , tetapi dengan syarat.

"Disajikannya harus benar, porsinya harus sesuai masing-masing individu, dan diminum oleh orang yang tepat," lanjut dr. Dedyanto dalam Live Instagram @ptkalbefarmatbk.

Baca juga: 6 Tips Memperkuat Imunitas Tubuh di Musim Hujan

Menurutnya, kopi memiliki sejumlah kandungan zat yang baik, tetapi yang paling utama adalah kandungan polifenolnya. Polifenol merupakan antioksidan dengan efek proteksi terhadap sel dari kerusakan karena radikal bebas.

"Kandungan asam glukoronat dari kopi yang juga merupakan jenis polifenol, bermanfaat dalam meningkatkan senstivitas insulin, sehingga menurunkan risiko diabetes melitus," papar dr. Dedy.

Lebih lanjut, disebutkan juga jika kopi kaya kandungan magnesium, yang penting untuk kontraksi otot termasuk otot jantung, menjaga kinerja hormon insulin yang dapat menjaga kesehatan gula darah, dan mencegah risiko terkena penyakit jantung.

Kopi juga mengandung vitamin B yang penting untuk metabolisme energi, sehingga menurunkan risiko obesitas.

Penyajian kopi sendiri mudah, yakni dengan menyeduh kopi menggunakan air panas, tanpa menambahkan gula, krimer, atau susu kental manis. Sebab, campuran tersebut justru dapat menurunkan khasiat kopi, yakni mengurangi jumlah antioksidan yang diserap oleh tubuh dan akan menambah bobot kalori.

Dengan demikian, manfaat minum kopi untuk kesehatan justru menjadi bumerang untuk orang-orang yang memiliki berat badan berlebih, obesitas, atau dengan diabetes melitus.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2656 seconds (11.252#12.26)