Shampo Anti Ketombe lavojoy Menghilangkan Ketombe di Rambut

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 16:58 WIB
loading...
Shampo Anti Ketombe lavojoy Menghilangkan Ketombe di Rambut
sampo lavojoy Hold Me Tight Shampoo cukup dengan menuangkan secukupnya pada tangan dan pijatkan pada kulit kepala dengan lembut serta bilas hingga bersih.
A A A
JAKARTA - Ketombe menjadi masalah rambut dan kulit kepala yang umum ditemui oleh siapapun. Singkatnya, ketombe adalah kondisi kulit kepala yang ditandai dengan munculnya serpihan kulit, yang disertai rasa gatal. Penyebabnya, ketombe disebabkan oleh berbagai hal seperti reaksi alergi, psoriasis, dan eksim.

Siapapun pada kalangan usia berapapun bisa mengalami masalah ketombe. Berbagai faktor juga diketahui dapat meningkatkan risiko munculnya ketombe, misalnya seperti faktor usia, cuaca, tingkat stres, kondisi medis, dan pemilihan produk rambut.

Namun, kamu tak perlu takut karena gejala ketombe sangat mudah dikenali, yaitu serpihan kulit kepala berwarna putih keabu-abuan atau kekuningan yang berminyak yang muncul di rambut atau kepala tetapi tidak melekat erat di kulit kepala. Serpihan berwarna putih ini sering ditemukan di permukaan kulit kepala, di antara rambut, maupun yang terjatuh hingga ke bahu.

Penyebab Ketombe
Nah, berikut ini adalah penyebab dari masalah ketombe dan cara mengatasinya!

1. Kondisi Medis
Secara medis, kondisi ketombe bisa disebabkan oleh bermacam-macam hal, dermatitis seboroik adalah salah satu penyebab paling sering. Penyakit ini ditandai dengan kulit yang memerah dan berminyak, dilapisi oleh serpihan kulit kepala berwarna putih kekuningan. Dermatitis seboroik memicu pertumbuhan ketombe pada kulit kepala.

2. Jamur Menumpuk
Kondisi selanjutnya adalah menumpuknya jamur berjenis Malassezia Sp yang merupakan salah satu jamur yang hidup di kulit kepala. Jika pertumbuhan jamur ini meningkat melebihi jumlah normal, misalnya pada kondisi udara yang panas dan lembab dapat menyebabkan ketombe bertumbuh. Tak hanya itu, kulit kepala juga terjadi peradangan yang akan menjadi pemicu pertumbuhan ketombe karena jamur ini.

3. Kulit Kepala Kering
Orang dengan kulit kering lebih cenderung memiliki ketombe. Keadaan ini dapat terjadi akibat pajanan suhu yang dingin, kelembaban yang rendah, dan riwayat penyakit kulit. Ketombe yang berasal dari kulit kering cenderung memiliki serpihan yang lebih kecil dan tidak berminyak.

Masalah yang Dihadapi Saat Berketombe
Tak hanya menyebabkan rambut menjadi bermasalah, ternyata ketombe juga bisa menimbulkan masalah lain pada tubuh, yaitu:

1. Rambut Rontok
Rasa gatal gatal yang muncul saat memiliki ketombe berlebih bisa menyebabkan kerontokan. Pasalnya, ketika berketombe, kulit kepala akan memproduksi banyak sel kulit mati yang menghasilkan rasa gatal. Alhasil kamu bisa mengalami rambut rontok yang mengganggu.

2. Jerawat
Mengapa ketombe bisa memicu jerawat? Tanpa kamu sadari, serpihan ketombe yang jatuh dapat menyumbat pori-pori di wajah yang menimbulkan. Dalam kondisi tertentu, hal ini bakal berefek lebih parah pada orang dengan kulit berminyak dan mudah berjerawat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1283 seconds (0.1#10.140)